Hubungan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X di MAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan

Dawianti, Nim.12010101110 (2017) Hubungan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X di MAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dawianti, Nim.12010101110. Hubungan Lingkungan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas X di MAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Kendari, (Dibimbing oleh: Dr. Samrin, M.Pd.I). Skripsi ini berjudul hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI Kelas X di MAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan, dengan permasalahan, 1). Bagaimana gambaran lingkungan belajar siswa di MAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan?, 2). Bagaimana gambaran hasil belajar siswa di MAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan?, dan 3). Apakah terdapat hubungan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI kelas X di MAN 1 Konawe Selatan Kabupaten Konawe Selatan?. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pola analisis statistik, populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X MAN 1 Konawe Selatan yang berjumlah 131 orang siswa yang terdistribusi pada 5 kelas,. Dengan demikian, sampel penelitian di dapatkan melalui pengambilan sampel secara acak dari tiap-tiap kelas X sebanyak 33 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi dalam melengkapi data penelitian, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial yang menempuh langkah-langkah a). Analisis deskripsi presentase variabel X dan Y, b). Uji normalitas data variabel X dan Y, c) Menentukan angka indeks korelasi, d). Menentukan koefisien determinasi (r squer), dan Pengujian hipotesis uji signifikan (uji t). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Analisis deskriptif data variabel X menunjukkan nilai Mean = 55,30 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel X yakni 27 = 81,8% berada pada nilai 41-60, dengan demikian ini umumnya menunjukkan lingkungan belajar siswa di MAN 1 Konawe Selatan pada kategori cukup baik, 2). Analisis deskriptif data variabel Y menunjukkan nilai Mean = 76,75 dari skor idealnya, dengan frekuensi tertinggi skor nilai variabel Y yakni 25 = 75,76% yang berada pada nilai 61-80, dengan demikian ini umumnya menunjukkan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI di MAN 1 Konawe Selatan pada kategori tinggi, 3). Analisis inferensial menunjukan terdapat hubungan positif signifikan pada kategori tinggi dan signifikan secara parsial variabel independen terhadap variabel dependen dengan ditemukannya rhitung≥rtabel (0,672 ≥ 0,344) dan uji signifikan thitung ≥ ttabel (5,052 ≥ 2,042), maka Hα diterima dan Ho ditolak artinya ada hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI kelas X di MAN 1 Konsel Kab. Konawe Selatan dengan besar r squer 45,16%, sedangkan sisanya 54,84% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Samrin, M.Pd.I).
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 20 Sep 2017 07:44
Last Modified: 20 Sep 2017 07:44
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item