UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS V SDN 10 BARUGA

HIJRAH, NIM. 12010104029 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA SISWA KELAS V SDN 10 BARUGA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama Penyusun : Hijrah NIM : 12010104029 Judul Skripsi : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Siswa Kelas V SDN 10 Baruga. Penelitian Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V A SDN 10 Baruga – Kendari. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas V A SDN 10 Baruga yang berjumlah 25 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dari dua kali pertemuan dengan tahapan-tahapan kegiatan meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus- Oktober 2015. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data data yang diperoleh diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif untuk menghitung nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Indikator keberhasilan dalam PTK ini adalah 80% siswa mencapai nilai 70 (KKM pada mata pelajaran IPS). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VA SDN 10 Baruga - Kendari dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hasil tes awal yang dilaksanakan sebelum tindakan siklus I, siswa yang mencapai KKM (70) adalah 1 orang (4.34%), dengan nilai rata-rata 37.24, setelah tindakan siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 15 orang (62.5%) dengan nilai rata-rata 66.77, pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang (80.95%) dengan nilai rata-rata 74.59. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V A S DN 10 Baruga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR IPS, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 01 Feb 2019 02:32
Last Modified: 01 Feb 2019 02:32
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item