PELAKSANAAN PROGRAM 5K (KETELADANAN, KETERTIBAN, KEAMANAN, KEBERSAMAAN, KEBERSIHAN, KEINDAHAN, KERINDANGAN, KESEHATAN DAN KETERBUKAAN) DI SMA INTEGRAL HIDAYATULLAH KENDARI

Musma Windi Wulandari, NIM. 1401010305,, M (2020) PELAKSANAAN PROGRAM 5K (KETELADANAN, KETERTIBAN, KEAMANAN, KEBERSAMAAN, KEBERSIHAN, KEINDAHAN, KERINDANGAN, KESEHATAN DAN KETERBUKAAN) DI SMA INTEGRAL HIDAYATULLAH KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Musma Windi Wulandari, NIM. 1401010305, Judul: Pelaksanaan Program 5k (Keteladanan, Ketertiban, Keamanan, Kebersamaan, Kebersihan, Keindahan, Kerindangan, Kesehatan, dan Keterbukaan) di SMA Integral Hidayatullah Kendari, Dibimbing oleh Dr. Supriyanto, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program keteladanan, ketertiban, kebersamaan, kebersihan, dan kesehatan di SMA Integral Hidayatullah Kendari dan hambatan yang ditemui dalam menerapkan program tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan data tersebut dinarasikan dan ditarik kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program keteladanan, ketertiban, kebersamaan, kebersihan, dan kesehatan di SMA Integral Hidayatullah Kendari dilakukan pada hal sebagai berikut: 1) Keteladanan: Membangun keteladanan dari kepala sekolah dan guru, Membangun keteladanan antar sesama siswa. 2) Ketertiban (kedisiplinan): Membuat aturan atau tata tertib sekolah, Mengoptimalkan pengawasan terhadap aturan tata tertib sekolah, Meningkatkan kedisiplinan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. 3) Kebersamaan: Saling Membantu Saat ada Kesulitan, Kebersaman dalam kebersihan Lingkungan Sekolah, Belajar Kelompok, Mentaati Semua Peraturan atau Tata Tertib di sekolah. 4) Kebersihan: Dilakukan dengan gerakan menjaga kebersihan kelas dan sekolah yaitu menyapu dan mengepel lantai kelas secara teratur, membersihkan meja dan kursi, membuang sampah di tempat sampah, menjaga kebersihan fasilitas yang ada di sekolah. 5) Kesehatan: Dalam lingkup kesehatan jasmani yakni membiasakan siswa untuk mencuci tangan, menjaga kebersihan barangbarang kelas, meminta siswa yang sakit untuk beristirahat di asrama, dan mengawasi makanan yang ada di sekolah, dan kesehatan rohani membiasakan menjalankan nilai-nilai ibadah dan akhlak. Faktor yang mendukung dalam pelaksanaannya adalah para siswa diasramakan di pondok pesantren Hidayatullah, adanya kerja sama yang baik antara pihak asrama dengan sekolah Faktor penghambatnya adalah profesionalitas dan kerja sama antara sesama guru masih kurang kompak sehingga perlu ditingkatkan, masih ada beberapa siswa yang melanggar, tidak mengerjakan tugas, kurang motivasi dalam belajar, siswa yang belum terbiasa di asramakan maka akan sulit beradaptasi proses pembelajaran di sekolah dan perkembangan masa fuberitas mereka. Kata Kunci: Program 5K, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Program 5K, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa
Uncontrolled Keywords: Program 5K, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:15
Last Modified: 18 Feb 2021 01:51
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2429

Actions (login required)

View Item View Item