Dr., Batmang (2016) PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan). Al-Ta’dib, 9 (2). pp. 44-54. ISSN p. 1970-4908, e. 2598-3873
|
Text
PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan) (1).pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
receipt_PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan).pdf Download (257kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan adalah masalah yang sangat rnendasar untuk mendapat perhatian dari kita semua. Kompleksitas persoalan pendidikan yang dialami bangsa kita tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan satu pendekatan, tetapi membutuhkan pendekatan transdisiplin untuk memecahkan masalah. Transdisiplin merupakan pendekatan kolektif yang memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan analisis menusia dalam memahami sistem yang lebih besar dan kompleks. Makna pentingnya yang menandai transdisiplin adalah proses integrasi dari multidisiplin yang digunakan untuk membahas isu atau mengahadapi permasalahan. Irnplemetasi transdiplin mengandung makna adanya kerja "kooperatif' atau sinergi di antara orang orang dan sektorsektor yang terlibat di dalamnya. Penerapan transdisiplin digunakan untuk mencapai sesuatu di luar dimensi kuantitatif. Adanya sinergi dalarn konsep transdisiplin dimaksudkan untuk mencapai tingkat harmoni yang lebih tinggi dari integrasi ii mu pengetahuan yang disebut dengan simponi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan; transdisipliner; pendekatan |
Subjects: | Komunikasi Pendidikan Islam Islam (Umum) |
Divisions: | KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_BATMANG KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_BATMANG |
Depositing User: | Aldhy Purwanto |
Date Deposited: | 04 Apr 2020 13:24 |
Last Modified: | 04 Apr 2020 13:24 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2450 |
Actions (login required)
View Item |