PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan)

Dr., Batmang (2016) PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan). Al-Ta’dib, 9 (2). pp. 44-54. ISSN p. 1970-4908, e. 2598-3873

[img]
Preview
Text
PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan) (1).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
receipt_PENDEKATAN TRANSDISIPLINER (Suatu Alternatif Pemecahan Masalah Pendidikan).pdf

Download (257kB) | Preview
Official URL: http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/issue/v...

Abstract

Pendidikan adalah masalah yang sangat rnendasar untuk mendapat perhatian dari kita semua. Kompleksitas persoalan pendidikan yang dialami bangsa kita tidak dapat diselesaikan dengan menggunakan satu pendekatan, tetapi membutuhkan pendekatan transdisiplin untuk memecahkan masalah. Transdisiplin merupakan pendekatan kolektif yang memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan analisis menusia dalam memahami sistem yang lebih besar dan kompleks. Makna pentingnya yang menandai transdisiplin adalah proses integrasi dari multidisiplin yang digunakan untuk membahas isu atau mengahadapi permasalahan. Irnplemetasi transdiplin mengandung makna adanya kerja "kooperatif' atau sinergi di antara orang­ orang dan sektor­sektor yang terlibat di dalamnya. Penerapan transdisiplin digunakan untuk mencapai sesuatu di luar dimensi kuantitatif. Adanya sinergi dalarn konsep transdisiplin dimaksudkan untuk mencapai tingkat harmoni yang lebih tinggi dari integrasi ii mu pengetahuan yang disebut dengan simponi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan; transdisipliner; pendekatan
Subjects: Komunikasi
Pendidikan Islam
Islam (Umum)
Divisions: KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_BATMANG
KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_BATMANG
Depositing User: Aldhy Purwanto
Date Deposited: 04 Apr 2020 13:24
Last Modified: 04 Apr 2020 13:24
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2450

Actions (login required)

View Item View Item