Dr abdul, kadir (2015) MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. AI-Ta'dib.
|
Text
MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tes merupakan suatu bentuk alat evaluasi untuk mengukur seberapa jauh tujuan pengajaran telah tercapaijadi berart i evaluasi terhadap basil belajar.Tes yang baik harus memenuhui beberapa persyaratan, yaitu; harus efisien, harus baku. mempunyai norma. objektif. valid (sahih), dan reliabel (anda/). Untuk memperoleh tes yang memenuhi persyaratan tersebut makn tes yang telah dibuat perlu dianalisis. Analisis tes dimulai dari saat menyusun tes dimana tes yang disusun harus berdasarkan Silabus/SAP setiap mata pclajaran, membuat kisi-kisi terlebih dahulu, baru kemudian menyusunsoalsesuai kaidah-kaidah penyusunan soalberdasarkanjenissoal yang diinginkan. Bemuk tes pilihan ganda sukar atau mudahnya suatu soal bukansemata-mata ditemukan oleh materisoal.akan tetapi ditentukan juga olch teknlk pcnyusunannya. Pcdoman umum pcnulisan burir soal tcs pilihan ganda adalah; I) Butirsoal harussesuaidcngan indikator,2) Pokck soal dan pilihan jawaban harus dirumuskan secara jclas, singkat, padat , dan tegas. Sehingga perumusan tersebut hanya mcncakup pcrnymaan yang diperlukan saja, 3) Pokok soal jangan mcmberi pctunjuk ke arah jawaban yang benar,4) Pokok soal dan pilihan jawaban ridak mengandung pernyataan yang bersifat negarif ganda, 5) Pilihan jawaban yang merupakan kunci jawaban harus menunjukan kebenaran mutfak dan terbaik, 6) Pilihan jawaban harus homogen dan logis secara materi dan bahasa, 7) Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama , 8) Pilihan jawaban sebaiknya jangan memakai bunyi ''semua pilihan jawaban diatas salah" atau"semua pilihan jawaban di alas benar", dan 9) Pilihan jawaban berbentuk angka harus disusun berdasarkan urutan kecil ke besar atau sebaliknya. Tes yang telah disusun perlu diuji coba terlebih dahulu kepada peserta lain sebelum diujikan kepada peserta yang sebenarnya. Selanjutnya setiap peserta uji coba diambil skomya masing-masing dan ditabelkan, kemudian hitung validitasnya,tingkat kesukaran.dan daya beda.Sebagai kesimpulan dari analisistes adalah bahwa dari sejumlah tes yang disusun maka soal yang diambil adalah soal-soal yang valid, indek kesukaran sedang, daya beda baik dan baik sekali. Soal yang tidak memenuhi kriteria ini dibuang (tidak dipakai).Oleh sebab itu jumlah soal yang disusun harus melebihi jumlah soal yang diinginkan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | validitas, reliabilitas,tes.hasilbelajar |
Subjects: | Manajemen Pendidikan Karya Umum Pendidikan Islam |
Divisions: | KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_ABDULKADIR_(penelitian) KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_ABDULKADIR_(penelitian) |
Depositing User: | Aldhy Purwanto |
Date Deposited: | 11 Apr 2020 05:23 |
Last Modified: | 11 Apr 2020 05:23 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2518 |
Actions (login required)
View Item |