Dr abdul, kadir (2013) SIGNIFIKANSI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK PRILAKU SISWA BERWAWASAN LINGKUNGA. Al-Ta’dib, 6 (2). ISSN p. 1970-4908, e. 2598-3873
|
Text
SIGNIFIKANSI STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN DALAM MEMBENTUK PRILAKU SISWA BERWAWASAN LINGKUNGAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Kerusakan lingkungan dan sumber daya alam, karena penambahan pendudukyang tidak terkendali, perlu adanya pengetahuan dan keterampilanyang bersifat langsung aplikasi dalam kehidupan sehari-hari serta menjadi pola tindak dan pola pikir untuk penanganan yang lebih spesifik pada permasalahan yang dihadapi oleh bangsa ini. Program Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) merupakan salah satu respon terhadap masalah tersebut. Pengajaran PKLH khususnya melalui jalur pendidikan formal atau di tingkat satuan pendidikan dapat ditempuh melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan monolitik dan pendekatan integratif.Strategi pembelajaran PKLH merupakan suatu prosedur yang digunakan oleh pendidik / guru dalam proses pembelajaran sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran tesebut. Strategi pembelajaran PKLH memiliki signifikansi terhadap perubahan prilaku siswa yang berwawasan kependudukan dan lingkungan hidup. PKLH sangat menekankan pada aspek afektif yaitu tingkah laku, nilai dan komitmen yang diperlukan untuk membangun masyarakat yang berkelanjutan (sustainable) sehingga dalam penggunaan strategi pembelajaran PKLH, pendidik / guru perlu memasukkan beberapa strategi pembelajaran yang memungkinkan berlangsung nyaklarifikasi dan internalisasni nilai- nilai berwawasaan kependudukandan lingkungan dalam diri siswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PKLH, Strategi Pembelajaran, Signifikansi, dan Populasi Siswa yang Berwawasan Lingkungan |
Subjects: | Manajemen Pendidikan Karya Umum Pendidikan Islam |
Divisions: | KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_ABDULKADIR_(penelitian) KARYA TULIS ILMIAH DOSEN > DSN_ABDULKADIR_(penelitian) |
Depositing User: | Aldhy Purwanto |
Date Deposited: | 13 Apr 2020 00:38 |
Last Modified: | 13 Apr 2020 00:38 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2526 |
Actions (login required)
View Item |