MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN COPERATIF LEARNING MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DIKELAS IV SDN 3 SAWA KECAMATAN SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA

HEMIS PRATIWI NIM. 12010104026, H (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN COPERATIF LEARNING MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DIKELAS IV SDN 3 SAWA KECAMATAN SAWA KABUPATEN KONAWE UTARA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER_2.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
persetujuan pembimbing oke.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan sekripsi.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi oke Print.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HemisPratiwi. 2018 Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Coperatif Learning Model Teams Games Tournament (TGT) Di Kelas IV SDN 3 Sawa Kecamatan Sawa Kabupaten Konawe Utara.Tahun 2018. Skripsi.Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Kendari.Dosen Pembimbing Ir. Hj. Ety NurInah, M.Si. Pembelajaran IPA merupakan salahsatu Pembelajaran yang diberikan dijenjang SD merupakan ilmu yang mempelajari peristiwa–peristiwa yang terjadi dialam yang mengkaji tentang manusia dan lingkungannya. Hasil observasi awal di SDN 3 Sawa, ditemukan belum optimalnya keterampilan guru, kurangnya variasi model pembelajaran, sehingga berakibat nilai hasil belajar siswa rendah, masih di bawah KKM yaitu . Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPA melalui model Teams Games Tournament (TGT). Rumusan masalah “Bagaimana penerapan model TGT dan Apakah penerapan model TGT dapat meningkatkan Hasil belajar Siswa?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model TGT, apakah Model TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model TGT yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Sawa yang berjumlah 12 siswa, yaitu 6 siswa laki–laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan) dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II. Sebelum tindakan persentase hasil belajar siswa hanya 41.66% dan setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 58.33% atau terjadi peningkatan 16.67%, kemudian dari 58.33% siklus I meningkat lagi menjadi 91.67% pada siklus II, sehingga dari siklus I kesiklus II terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa sebesar 33.34%. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif Model Temas Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Sawa, jika dirataratakan maka dari 64.17 sebelum tindakan, meningkat 70.83 pada siklus I atau terjadi peningkatan 6.66, seterusnya dari 70.83 siklus I menjadi 80.42 pada siklus II atau terjadi peningkatan sebesar 9.59. Saran-saran yang dapat disampaikan Guru, perlu mengetahui dan menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model TGT, kemudian mengaplikasikannya kedalam pembelajaran, agar kegiatan belajar menyenangkan sehingga pembelajaran dalam kelas tidak jenuh dan memudahkan serta motivasi siswa bertambah dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kata Kunci: Hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar IPA, pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: Agama
Matematika
Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 23 Jul 2020 07:34
Last Modified: 18 Feb 2021 01:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2598

Actions (login required)

View Item View Item