PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 01 WAKORUMBA SELATAN

IMELDA HASDANIARSYAH 15010104090, I (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS V SDN 01 WAKORUMBA SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Imelda Hasdaniarsyah “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan ” (Di bimbing oleh: La Hadisi, S. Ag, M.Pd. I.) Penelitian ini berjudul untuk membahas “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan Kemmis dan Mc. Taggart. Karakteristik yang khas dari Penelitian Tindakan Kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Wakorumba Selatan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan. Nilai ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 63,64% dan siklus II mencapai 81,82% dengan nilai rata-rata pada siklus I 69,32 dan siklus II 81,82 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I 63,64% dan siklus I ke siklus II 81,82%. Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan, bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas V SDN 01 Wakorumba Selatan. Kata Kunci: STAD, hasil belajar, dan pecahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STAD, hasil belajar, dan pecahan
Uncontrolled Keywords: STAD, hasil belajar, dan pecahan
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 06 Aug 2020 06:49
Last Modified: 06 Aug 2020 06:49
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2635

Actions (login required)

View Item View Item