MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 LOEA KABUPATEN KOLAKA TIMUR

Dewi Nur Arfiani NIM 15010101021, D (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SMP NEGERI 1 LOEA KABUPATEN KOLAKA TIMUR. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (870kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dewi Nur Arfiani NIM 15010101021 “Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui strategi Think Talk Write Dengan Menggunkan Media Gambar Pada Siswa SMP Negeri 1 Loea Kabupaten Kolaka Timur” (Dibimbing oleh Dra. Hj. Siti Fatimah Kadir, M.A) Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Penerapan Think Talk Write dengan Menggunkan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Loea Kabupaten Kolaka Timur; (2) untuk mengetahu peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Melalui strategi Think Talk Write dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Loea; (3) untuk menganalisis peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui strategi Think Talk Write dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Loea. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Prosedur penilaian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan bahwa; (1) penerapan strategi Think Talk Write telah berlangsung dengan baik dan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh 73%, dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 76% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. (2) hasil belajar mengalami peningkatan dimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan strategi Think Talk Write dengan menggunkan media gambar adalah 69 dengan presentse 35%. Setelah dilakukan siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,55 dengan presentase 60% dan pada siklus II diperoleh hasil belajar dengan rata-rata 82,65 dengan presentase 90% Kenaikan persentase ketuntasan belajar pada siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dan standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 75%; (3) Penerapan metode Think Talk Write dengan Menggunkan Media Gambar dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Loea dapat ditingkatkan hal ini di lihat dari obsevasi awal dimana ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 35% dan pada siklus I meningkat menjadi 60% walaupun hal ini belum memenuhi setandar ketuntasan KKM dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90%, hal ini telah memenuhi indikator keberhasilan dan standar KKM yang telah ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Hasil Belajar, Strategi Think Talk Write dengan menggunakan media gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STRATEGI BELAJAR, THINK TALE WRITE
Uncontrolled Keywords: STRATEGI BELAJAR, THINK TALE WRITE
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:06
Last Modified: 07 Aug 2020 07:06
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item View Item