PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DENGAN PENDEKATAN MURDER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATH KOTA KENDARI

WA FAINA NIM 15010101082,, W (2020) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN POSTER COMMENT DENGAN PENDEKATAN MURDER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-FATH KOTA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK WA FAINA NIM 15010101082, Penerapan Metode Pembelajaran Poster Comment Dengan Pendekatan Murder Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Fath Kota Kendari. Melalui bimbingan Bapak Aliwar, S,Ag. M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Fath Kota Kendari dengan menerapkan Metode Pembelajaran Poster Comment Dengan Pendekatan MURDER. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tempat penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Al-Fath Kota Kendari. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai tanggal 12 februari sampai 5 maret 2019. Obyek penelitian ini siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Fath Kota Kendari, Subyek dalam p enelitian ini yaitu keseluruhan pelaksanaan proses dan hasil yang diperoleh dari metode poster comment dengan pendekatan MURDER. Prosedur penelitian ini terdiri dari siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilkukan dengan tehnik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Dalam PTK ditekankan pada proses pelaksanaan pembelajaran yang baik dan benar, dengan harapan jika pelaksanaan pembelajaran dalam kelas itu baik dan benar maka hasil belajar siswa yang bersangkutan akan meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui menunjukkan respon positif terhadap arahan dari guru untuk aktif dalam proses pembelajaran. (2). Hasil belajar Fiqih siswa MTs Al-Fath Kota Kendari mulai menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dengan presentase peningkatan 75% pada siklus I dan 90% pada siklus II. (3). Peningkatan hasil belajar melalui Metode pembelajaran Poster Comment Dengan Mengunakan Pendekatan MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expant Review) siswa MTs Al-Fath Kota Kendari dapat meningkatkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yakni mengalami peningkatan 75% dengan nilai rata-rata 70,96 pada siklus I dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90% dengan nilai rata-rata 80,33 dan telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 80%. Sehingga kegiatan pembelajaran dengan penerapan Metode pembelajaran Poster Comment Dengan Mengunakan Pendekatan MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expant Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa MTs AlFath Kota Kendari. Kata kunci: Hasil belajar, Metode pembelajaran Poster Comment Pendekatan MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expant Review),

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Metode pembelajaran Poster Comment Pendekatan
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran Poster Comment Pendekatan
Subjects: Agama
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Fiqhi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Aug 2020 07:29
Last Modified: 07 Aug 2020 07:29
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2653

Actions (login required)

View Item View Item