PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SD NEGERI 10 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN

WAMIA, NIM. KL.14010101008 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS V SD NEGERI 10 LAEYA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (528kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wamia, Nim. Kl.14010101008. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri 10 Laeya”. melalui bimbingan Dr. H. Moh. Yahya Obaid, MA. Rendahnya penguasaan siswa terhadap materi pelajaran merupakan salah satu kendala yang dihadapi guru di kelas. Hasil evaluasi seringkali menunjukkan adanya kesenjangan, dimana sebagian siswa telah mengalami ketuntasan belajar sedang sebagian besarnya memiliki perolehan nilai dibawah standar ketuntasan. Untuk mengetaskan masalah di atas, maka siswa harus dikondisikan dalam suasana pembelajaran yang saling membelajarkan. Karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif di kelas. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas V SD Negeri 10 Laeya?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kulitatif dan peningkatan hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajara PAI di kelas V SD Negeri 10 Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Berdasarkan atas hasil evaluasi pra tindakan menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69.85 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 65%. Setelah tindakan siklus I dilakukan, hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 72,90 dan persentase ketuntasan sebesar 70%. Selanjutnya, hasil evaluasi siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 76,50 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 90%. Dengan pencapaian tersebut, indikator kinerja penelitian dapat dicapai sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas V SD Negeri 10 Laeya” dapat dibuktikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Moh. Yahya Obaid, MA
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 27 Sep 2017 07:39
Last Modified: 27 Sep 2017 07:39
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item