MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SMP 37 KONAWE SELATAN

AHMAT YUNUS NIM : 12010101113, A (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI SMP 37 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK AHMAT YUNUS NIM 12010101113. Meningkatkan Hasil Belajar Pendididikan Agama Islam Melalui Strategi Pembelajaran Mind Map (Peta Pikiran) Pada Siswa Kelas VIII-A Di SMP Negeri 37 Konsel. Dibimbing Oleh: Dr. Sitti Nurfaidah, S.pd., M.Ed Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Penerapan strategi pembelajaran mind map (peta pikiran) dalam rangka meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Konsel. 2) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran mind map apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Konsel. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan naturalistik. Penelitian ini menggunakan pola siklus, setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 2×60 menit. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes (soal), non tes (lembar observasi), wawancara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika 75% siswa mencapai indikator keberhasilan yaitu 75. Hasil penelitian yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana tiap siklus terdiri atas 2 kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran mind mapp pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A semester I tahun ajaran 2018/2019 SMP Negeri 37 Konawe Selatan dengan nilai ketuntasan secara klasikal mencapai 60% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 75,65 pada siklus II meningkat 83,4. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila minimal 80% siswa telah mencapai nilai 75 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII A SMP Negeri 37 Konawe Selatan Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci : Mind map, meningkatkan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mind map, meningkatkan hasil belajar
Uncontrolled Keywords: Mind map, meningkatkan hasil belajar
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:09
Last Modified: 10 Aug 2020 05:09
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item