MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI METODE KONTEKSTUAL LEARNING PADA KELOMPOK B1 TK KUNCUP MELATI KOTA BAUBAU

MARIASA, NIM. 14010101033 (2016) MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK MELALUI METODE KONTEKSTUAL LEARNING PADA KELOMPOK B1 TK KUNCUP MELATI KOTA BAUBAU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Halaman Judul.docx

Download (49kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Mariasa, “MeningkatkanKreativitasMenggambarAnakMelaluiMetodePendekatanKontekstual Learning PadaKelompok B1 TK KuncupMelati Kota Baubau” (Dimbimbing Oleh Ir. Hj. Eti Nur Inah, M.Si. Penelitianiniberjudul“MeningkatkanKreativitasMenggambarAnakMelaluiMetodePendekatanKontekstual Learning PadaKelompok B1 TK KuncupMelati Kota Baubau”.Masalahutama yang ingin di bahasdalamskripsiiniadalah“Apakahmetodependekatankontekstual learning dapatmeningkatkankreativitasmenggambaranakusiadini di TK KuncupMelatikelompok B1 Kota Baubau?”.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanakreativitasamakdalammenggambardapatditingkatkanmelaluipendekatankontekstual learning di anakdidikkelompok B1 TK KuncupMelatiKelurahanLanto, KecamatanBatuPoaro, Kota Baubau. Penelitianinidilaksanakan di TK KuncupMelatiKelompok B. 1 KelurahanLantoKecamatanBatuPoaro Kota Baubaupada semester genaptahunajaran 2015/2016.Penelitianinidisettingdalam 2 siklus, padamateripembelajaranmenggambar.Objekpenelitianiniadalahanakkelompok B. 1 yang berjumlah 23 anak.PenelitianinitermasukdalamjenisPenelitianTindakanKelas (classroom action research).Karakteristik yang khasdaripenelitiantindakankelasyakniadanyatindakan-tindakantertentu yang memperbaiki proses belajarmengajar di kelas. Dari data penelitianinidiketahuibahwapenerapanmetodekontekstual learning dalampembelajaranmenggambarpadakelompok B. 1di TK KuncupMelatidapatmeningkatkanhasilbelajaranak. Hal inidapatdilihatdenganmeningkatnyanilai yang diperolehanakdan guru selama proses pembelajaran. Padaevaluasi di akhirsiklus I perolehannilaikreatifitasmenggambaranakmencapai rata-rata 18,00 yang secaraklasikalyakni 56,11%. Perolehan bintang pada siklus I Belum Berkembang (BB) 15 orang atau 65%, yang Mulai Berkembang (MB) 8 orang atau 35%. Sementara kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mendapatkan nilai 2,67. Pada siklus II perolehan nilai menunjukan peninngkatan kreatifitas menggambar anak dengan nilai rata-rata perolehan anak 26,40 dengan ketuntasan secara klasikal yakni 82,47%. Perolehan bintang pada siklus II Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 6 orang atau 26%, Berkembang Sangat Baik (BSB) 17 orang atau 74%. Pencapaian anak pada siklus II menunjukan peningkatan yang sangat besar sekaligus menjadi akhir dari pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode kontekstual learning, sebab standar ketuntasan kreatifitas menggambar anak menunjukan nilai kategori tinggi dan sangat tinggi. Aktivitasguru dalampengelolahanpembelajaranjugamasukkategoribaikdenganperolehannilai 3,17. Dengandemikianmakametodekontekstual learning sangatefektifdalammeningkatkankreatifitasmenggambaranak di TK KuncupMelati Kota Baubau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Eti Nur Inah, M.Si
Uncontrolled Keywords: KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK , METODE KONTEKSTUAL LEARNING
Subjects: Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tilman Syah .
Date Deposited: 28 Sep 2017 06:21
Last Modified: 28 Sep 2017 06:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item