PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA KELAS IV DI MIN 1 KENDARI

ST. NURHAYATI ABU SAKOEA, NIM 16010104041, S (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA KELAS IV DI MIN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ST. NURHAYATI ABU SAKOEA, NIM 16010104041 “Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Dan hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Kelas IV di Min 1 Kendari “.dibimbing oleh Dr. H. Pairin M.A, Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada kelas IV di Min 1 Kendari. 2) Mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggar dengan prosedur model penelitian sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi serta melakukan refleksi. Penelitian dilakukan di MIN 1 Kendari dengan subyek penelitian berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini teknik observasi, tes, angket, dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa pada siklus I dan silkus II hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan minat belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Talking Stick mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pada siklus I ratarata 69, 71 dengan ketuntasan klasikal 62, 85% dan pada siklus II rata-rata 78, 85 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85, 71%. Sedangkan peningkatan minat belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Talking Stick pada siklus I meningkat menunjukkan dalam kategori sedang sebesar 85, 85% dan kategori tinggi sebesar 14, 28% dari 35 peserta didik, selanjutnya pada siklus II pada kategori tinggi mengalami peningkatan sebesar 74, 28%, dari 35 siswa dan tidak ada lagi kategori rendah. Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV, Minat Belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Talking Stick, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV, Minat Belajar peserta didik
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas IV, Minat Belajar peserta didik
Subjects: Komunikasi
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:15
Last Modified: 02 Nov 2020 06:15
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2780

Actions (login required)

View Item View Item