KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA FTIK PRODI PAI ANGKATAN 2019 YANG BERLATAR BELAKANG SEKOLAH UMUM DI IAIN KENDARI

Rasydah, dengan NIM. 16010101105., R (2020) KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MAHASISWA FTIK PRODI PAI ANGKATAN 2019 YANG BERLATAR BELAKANG SEKOLAH UMUM DI IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER-DAFTAR TRANSLITERASI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I pdf.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rasydah, dengan NIM. 16010101105. “Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasiswa PAI Angkatan 2019 yang Berlatar Belakang Sekolah Umum di IAIN Kendari” melalui bimbingan Dr. Abbas, S.Ag., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca AlQur’an mahasiswa PAI angkatan 2019 yang berlatar belakang sekolah umum di IAIN Kendari, faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca AlQur’an mahasiswa dan bagaimana upaya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasiswa Jenis penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif desain studi kasus, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun metode pengumpulan data dengan cara observasi, tes lisan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan Content analysis dalam bentuk deskriptif, serta analisis model Miles dan Huberman yaitu interactive model yang komponennya terdiri dari reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan teriangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 35 mahasiswa prodi PAI angkatan 2019 alumni sekolah umum di IAIN Kendari yang menjadi informan penelitian mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an yang berbeda-beda diantaranya yaitu terdapat 10 orang yang masuk kategori sangat baik, 14 orang kategori kurang, 5 orang kategori cukup, 2 orang kategori baik, dan terdapat 4 orang kategori sangat kurang. Selain itu, meskipun alumni sekolah umum terdapat mahasiswa yang masuk dalam kategori baik dan sangat baik bahkan ada yang hafidz Qur’an, serta terdapat pula mahasiswa yang berasal dari sekolah yang sama tapi kemampuan membaca Al-Qur’annya berbeda. Adapun tingkat kesulitan yang didapatkan saat membaca Al-Qur’an adalah penguasaan ilmu tajwid masih kurang, makharijul hurufnya juga kurang, mereka masih sulit membedakan penyebutan huruf yang mirip, penyebutan madnya tidak konsisten, serta penggunaan tasjid belum konsisten terkadang terdapat tanda tasydid tapi tidak ditasydidkan. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor internal yang terdiri dari minat, motivasi, dan pengulangan/latihan. Adapun faktor eksternalnya yaitu bimbingan orang tua, guru, dan metode mengajar serta latar belakang pendidikan mahasiswa. Dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pihak FTIK melakukan berbagai upaya diantaranya yaitu mendirikan Rumah Qur’an Mahasiswa (RQM), mahasiswa disarankan untuk mencari guru di luar selain di RQM, pihak Fakultas menghimbau Penasehat Akademik (PA) untuk memperhatikan bacaan Al-Qur’an mahasiswa dengan cara melakukan tes BTQ ketika hendak konsultasi KHS atau KRS hal ini dilakukan setiap semester, dan menghimbau ketua Prodi untuk memberikan penegasan kepada mahasiswa agar memperbaiki bacaan AlQur’annya Kata kunci: Kemampuan membaca Al-Qur’an, Mahasiswa PAI angkatan 2019.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kemampuan membaca Al-Qur’an, Mahasiswa PAI angkatan 2019
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca Al-Qur’an, Mahasiswa PAI angkatan 2019
Subjects: Al-Qur'an
Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Dakwah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:27
Last Modified: 05 Nov 2020 02:27
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2802

Actions (login required)

View Item View Item