MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS IV SD NEGERI 7 SAWERIGADI KAB. MUNA BARAT

Irmawati. NIM. 14010104031, I (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) KELAS IV SD NEGERI 7 SAWERIGADI KAB. MUNA BARAT. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irmawati. NIM. 14010104031 “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Kelas IVSD Negeri 7 Sawerigadi Kab. Muna Barat” (Dibimbing oleh Raehang, S.Ag., M.Pd.I) Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk aktifitas ekonomi di Kelas IV SD Negeri 7 Sawerigadi Kab. Muna Barat. Masalah yang dikemukakan dari penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk aktifitas ekonomi di Kelas IV SD Negeri 7 Sawerigadi Kab. Muna Barat?. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dikhususkan pada mata pelajaran IPS dengan prosedur penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi berulang sampai 2 siklus. Teknik pengumpulan data yaitu data hasil belajar diambil dengan cara memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan data pelaksanaan pembelajaran diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat kegiatan belajar mengajar dengan indikator kinerja yang ditetapkan jika mencapai 80% dan telah mencapai nilai >75 baru dinyatakan tindakan berhasil. Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan pada observasi awal nilai rata-rata siswa sebasar 56,6 dengan tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran 40%, pada akhir siklus I nilai yang diperoleh siswa adalah 72,0 dengan presentase ketuntasan 60%. Dengan nilai aktifitas siswa Siklus I 66,66% dan nilai aktifitas guru Siklus I 66.66%. Selanjutnya pada siklus II perolehan nilai siswa menunjukan peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata 87,5 dengan presentase ketuntasan 90%. Dengan nilai aktifitas siswa siklus II 100% dan nilai aktifitas guru siklus II 86,66%. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 7 Sawerigadi Kab.Muna Barat. Kata Kunci : Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar IPS, Kelas IV SD Negeri 7 Sawerigadi Kab. Muna Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar IPS, Kelas IV SD Negeri 7 Sawerigadi Kab. Muna Barat.
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar IPS, Kelas IV SD Negeri 7 Sawerigadi Kab. Muna Barat.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Nov 2020 06:33
Last Modified: 18 Feb 2021 00:49
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item