PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA NEGERI 11 KENDARI

WA ODE SARTIKA, NIM: 16010109007, W (2020) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA NEGERI 11 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER PDF.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PDF.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PDF.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PDF.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img]
Preview
Text
BAB V PDF.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK WA ODE SARTIKA, NIM: 16010109007. Perbandingan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan model pembelajaran langsung Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di Sma Negeri 11 Kendari (Dibimbing Oleh: Dr. Masdin, M.Pd) Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre-test- Post-test Control Group Design dan melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu model pembelajaran inkuiri terbimbing dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 11 Kendari.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembeljaran inkuiri terbimbing (2) Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran langsung (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan model pembelajaran langsung. Dalam penelitian ini menggunakan tes dengan soal pilihan ganda. Dari 30 soal, hanya 20 soal dinyatakan valid dan 10 soal dinyatakan gugur, dengan nilai reliabilitasnya sebesar 0,88. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar fisika siswa menggunakan model inkuiri terbimbing menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya adalah 81,17. (2) hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran langsung menunjukkan bahwa nilai rata-ratanya adalah 75,74. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar fisika setelah diberikan perlakuan di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengolahan data diperoleh nilai t hitung >t tabel atau 2,2345 >2,00404. Dengan demikian hasil belajar kognitif siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung pada pelajaran fisika di SMA Negeri 11 Kendari. Kata Kunci : Hasil Belajar Fisika, Model Inkuiri Terbimbing dan Model pembelajaran langsung. ABSTRACT WA ODE SARTIKA, NIM: 16010109007.Comparison of Guided Inquiry Learning Model with Direct Learning Model Against Student Physics Learning Outcomes at SMA 11 Kendari (Supervised by: Dr. Masdin, M.Pd) This research is an experimental research design with Pre-test-PosttestControl Group Design and involves two variables, namely the independent variable and the dependent variable, the independent variable, namely the guided inquiry learning model and the dependent variable, namely the learning outcomes of class X students of SMA Negeri 11 Kendari. This research is (1) To determine the students' physics learning outcomes using a guided inquiry learning model (2) To determine the physics learning outcomes of students using a direct learning model (3) To find out the differences in student physics learning outcomes using guided inquiry learning models and direct learning models. In this study using a test with multiple choice questions. Of the 30 questions, only 20 questions were declared valid and 10 questions were declared invalid, with a reliability value of 0.88. The data analysis technique used descriptive statistics and the t test. The results showed: (1) the students' physics learning outcomes using the guided inquiry model showed that the average score was 81.17. (2) the students' physics learning outcomes using the direct learning model showed that the average score was 75.74. (3) There are differences in physics learning outcomes after being given treatment in the experimental class and the control class. This is evidenced by the results of data processing, the value of t count > t table or 2.2345> 2.00404 is obtained. Thus the cognitive learning outcomes of students who are taught with guided inquiry learning models are better than students who are taught with direct learning models in physics lessons at SMA Negeri 11 Kendari. Keywords: Physics Learning Outcomes, Guided Inquiry Model and Direct Learning Model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hasil Belajar Fisika, Model Inkuiri Terbimbing dan Model pembelajaran langsung.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Fisika, Model Inkuiri Terbimbing dan Model pembelajaran langsung.
Subjects: Ilmu Terapan
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:21
Last Modified: 20 Nov 2020 02:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2842

Actions (login required)

View Item View Item