PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 1 KENDARI

Anita.A, 16010108021,, A (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB)
[img]
Preview
Text
15. BAB V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anita.A, 16010108021, Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di MAN 1 Kendari. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing: Dr. La Hadisi. S. Ag, M.Pd.I Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kendari, bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar di MAN 1 Kendari. 2)Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar di MAN 1 Kendari. 3)Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap motivasi belajar di MAN 1 Kendari. 4)Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya belajar dan motivasi terhadap hasil belajar Biologi Siswa di MAN 1 Kendari. Penelitian ini menggunaakann jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di MAN 1 Kendari dengan jumlah populasi sebanyak 288 siswa dan sampel sebanyak 74 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis desriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian pada siswa MAN 1 Kendari menunjukkan bahwa: 11) Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai signifikansi r hitung 0,422 > r tabel 0,228, dengan sumbangan gaya belajar pada hasil belajar sebesar 17,80%. 2) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi r hitung 0,350 > r tabel 0,228, dengan sumbangan motivasi belajar pada hasil belajar sebesar 12,25%. 3) Gaya belajar tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai signifikansi yaitu r hitung 0,540> r tabel 0,228, dengan sumbangan motivasi belajar pada hasil belajar sebesar 29%. 4) Gaya belajar dan motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar di peroleh nilai koefisien korelasi (R F hitung y(1,2) ) sebesar 0,583 dan nilai sebesar 42,43, selanjutnya dikonsultasikan dengan F tabel pada db= 2/74 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh F F tabel tabel sebesar 3,12, sehingga F yaitu 42,43 > 3,12, dengan sumbangan motivasi belajar pada hasil belajar sebesar 10,68%. Kata Kunci : Gaya Belajar, Motivasi, Hasil Belajar hitung > ABSTRACT Anita.A, 16010108021, The Influence of Learning Styles and Motivation on Students' Biology Learning Outcomes at MAN 1 Kendari. Biology Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kendari State Islamic Institute, Advisor: Dr. La Hadisi. S. Ag, M.Pd.I This research was conducted at MAN 1 Kendari, aims: 1) To determine and analyze the effect of learning styles on learning outcomes at MAN 1 Kendari. 2) To determine and analyze the effect of learning motivation on learning outcomes in MAN 1 Kendari. 3) To determine and analyze the effect of learning styles on learning motivation in MAN 1 Kendari. 4) To determine and analyze the effect of learning styles and motivation on student learning outcomes in Biology at MAN 1 Kendari. This research uses survey research with a quantitative approach. Research location in MAN 1 Kendari with a total population of 288 students and a sample of 74 students. The data collection techniques used were documentation and questionnaires, while the data analysis techniques used were descriptive analysis techniques and inferential analysis. The results of research on students of MAN 1 Kendari show that: 11) Learning styles have a positive and significant effect on student learning outcomes, with a significance value of rcount 0.422> rtabel 0.228, with a contribution of learning styles to learning outcomes of 17.80%. 2) Learning motivation has a significant effect on learning outcomes with a significance value of rcount 0.350> rtabel 0.228, with a contribution of learning motivation to learning outcomes of 12.25%. 3) Learning style has no effect on learning motivation with a significance value, namely rcount 0.540> rtable 0.228, with a contribution of learning motivation to learning outcomes of 29%. 4) Learning style and learning motivation have a significant effect on learning outcomes, obtained by a correlation coefficient (Ry (1,2)) of 0.583 and an Fcount of 42.43, then consulted with Ftable at db = 2/74 with a significance level of 5% obtained Ftable of 3.12, so that Fcount> Ftable is 42.43> 3.12, with a contribution of learning motivation to learning outcomes of 10.68%. Keywords: Learning Style, Motivation, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: i : Gaya Belajar, Motivasi, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: i : Gaya Belajar, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 24 Nov 2020 03:42
Last Modified: 24 Nov 2020 03:42
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2862

Actions (login required)

View Item View Item