PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 KENDARI

Aswad, Nim 16010104018, A (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (500kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aswad, Nim 16010104018 Judul: Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Tematik Di MIN 1 Kendari Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik masih rendah banyak nilai peserta didik yang belum mencapai nilai KKM yaitu 70. Selain itu, guru dalam pembelajaran masih belum menggunakan metode konvesional sehingga peserta didik merasa tidak termotivasi, antusiasi dalam belajar. Untuk mengantisipasi hal tersebut perlu diadakan perubahan baru, yaitu dengan mengubah motode pembelajaran dari metode konvesional ke metode pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Adapun metode pembelajaran yang dimaksud yaitu metode pembelajaran Two Stay Two Stray (Dua Tinggal Dua Pergi). Metode pembelajaran ini menjadi salah satu pilihan peneliti yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas Vb di MIN 1 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di MIN 1 Kendari, sebanyak 2 siklus. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas Vb pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 21 peserta didik. Adapaun instrument yang digunakan yaitu dokumentasi, tes hasil belajar, lember observasi guru dan peserta didik. Sedangkan faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah faktor peserta didik, guru dan materi, prosedur penelitian ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Hasil belajar pembelajaran Tematik peserta didik kela Vb MIN 1 kendari melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai ratarata prasiklus mencapai 59,14 dengan ketuntasan belajar mencapai 23,80% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 52,38% dengan nilai rata-rata 63,80. Kemudian ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 80,95% dengan nilai rata-rata 71,90. Kata Kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar Tematik.
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil Belajar Tematik.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 25 Nov 2020 01:48
Last Modified: 25 Nov 2020 01:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2867

Actions (login required)

View Item View Item