Febrianti, NIM. 16010104066, F (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SD NEGERI WANDOKA KECAMATAN WANGI-WANGI KABUPATEN WAKATOBI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (626kB) |
||
|
Text
BAB 5.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DDAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Febrianti, NIM. 16010104066 “Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas VI di SDN Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi” (Dibimbing oleh Dr. Masdin, M. Pd.) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi melalui penerapan model Make A Match. Adapun masalah dalam penelitian ini apakah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi dan bagaimana penerapan model pembelajaran Make A Match pada mata pelajaran IPA kelas VI SDN Wandoka Kecamatan Wangi-wangi Kabupaten Wakatobi ? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan dengan empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi serta melakukan refleksi, dimana teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes hasil belajar. Hasil belajar pembelajaran IPA siswa kelas VI SDN Wandoka melalui penerapan model pembelajaran Make A Match mengalami peningkatan yang signifikan. hal ini dapat dilihat dari nilai prasiklus sampai siklus II yakni nilai rata-rata prasiklus mencapai 57,61 dengan ketuntasan belajar mencapai 28,57% dan setelah tindakan siklus I ketuntasan belajar mencapai 61,90% dengan nilai rata-rata 62,38. Ketuntasan belajar setelah siklus II mencapai 85,71% dengan nilai rata-rata 77,14. Adapun peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus II sebesar 33,88%. Kata Kunci: Model Make A Match dan Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Model Make A Match dan Hasil belajar. |
Uncontrolled Keywords: | Model Make A Match dan Hasil belajar. |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 25 Nov 2020 08:10 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 08:10 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2874 |
Actions (login required)
View Item |