Abbas Mulia Pane. 17010101020., A (2021) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI BARUGA KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
|
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (206kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Abbas Mulia Pane. 17010101020. Metode Pembelajaran PAI pada Siswa Tunagrahita di SLB Negeri Baruga Kendari. Dibimbing oleh: Dra. Hj. St. Fatimah K. M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita, yaitu lemahnya daya pikir atau masalah pada fungsi kognitif siswa tunagrahita. Maka dari itu, guru PAI perlu menerapkan metode pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan bagi siswa tunagrahita agar dapat memahami materi pelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode-metode pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita di SLB Negeri Baruga Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang juga merupakan penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada beberapa metode yang digunakan guru saat pembelajaran PAI pada siswa tunagrahita yaitu, metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan (training), metode pengulangan (repetition), metode tanya jawab dan metode apersepsi. (2) Penerapan-penerapan metode yang digunakan oleh Guru PAI saat pembelajaran sesuai dengan materi yang diajarkan, kompetensi yang akan dicapai siswa, kemampuan siswa, alokasi waktu serta ketersediaan sarana dan prasarana. Implementasinya juga sangat bergantung pada perhatian guru ke masing-masing individu anak tunagrahita. (3) Kendala yang dihadapi guru saat penerapan metode pembelajaran salah satunya disebabkan kurang pengertiannya orangtua siswa tunagrahita, sehingga terkadang anak datang ke sekolah dalam keadaan marah dan sulit mengendalikan perasaan dan konsentrasi mereka. Selain itu, penyerapan materi yang begitu lambat mengharuskan guru untuk tidak menjelaskan hanya sekali. Solusi dalam menghadapi kendala-kendala tersebut diantaranya: pertama, guru memperlakukan siswa tunagrahita dengan penuh kasih sayang. Kedua, guru menyambangi siswa tunagrahita saat di kelas. Ketiga, guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Keempat, guru mengulang-ulang materi yang disampaikan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, PAI, Tunagrahita
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | sekolah luar biasa, |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, PAI, Tunagrahita |
Subjects: | Manajemen Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 06:14 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 06:14 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2946 |
Actions (login required)
View Item |