PENGARUH MOTIVASI BEASISWA BANK INDONESIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA FEBI, SYARIAH DAN FATIK IAIN KENDARI)

Nur Zulaeha. NIM 16050102065., N (2021) PENGARUH MOTIVASI BEASISWA BANK INDONESIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA FEBI, SYARIAH DAN FATIK IAIN KENDARI). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (867kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Zulaeha. NIM 16050102065. “Pengaruh Motivasi Beasiswa Bank Indonesia Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa FEBI, Syariah dan FATIK IAIN Kendari”. Melalui bimbingan Dr. Rusdin Muhalling, M.EI dan H. Alfian Toar, SP, MM Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan dengan menggunakan data yang berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh motivasi beasiswa Bank Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah, dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi beasiswa Bank Indonesia terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari. Serta memiliki kegunaan dari berbagai pihak, baik itu dari pihak yang diteliti maupun dari pihak penulis sendiri. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu Motivasi (X) dan Prestasi Belajar (Y). Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi sekaligus sampel adalah 27 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 9 mahasiswa Fakultas Syariah, dan 14 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari. Sehingga total mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dari 3 Fakultas adalah sebanyak 50 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner untuk mendapatkan skor motivasi dan skor prestasi belajar. Berdasarkan hasil olah data melalui SPSS 25 maka dapat diketahui bahwa Motivasi Beasiswa Bank Indonesia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari. Hasil uji statistik seperti yang terlihat pada output olah data Uji Parsial (Uji-t), diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0 = 0,434. Selanjutnya dilakukan uji kebermaknaan, yakni nilai probabilitas (Sig.) = 0,000 < 0,05 atau dengan membandingkan antara nilai t hitung (4,229) > t tabel (2,009), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Motivasi Beasiswa Bank Indonesia terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Kendari. ABSTRACT Nur Zulaeha. NIM 16050102065. "The Influence of Bank Indonesia Scholarship Motivation on Student Achievement (Study on FEBI, Syariah and FATIC Students of Kendari State Islamic Institute." Through the guidance of Dr. Rusdin Muhalling, M.EI and H Alfian Toar, SP, MM This research is a descriptive quantitative research, which is a process of finding knowledge using data in the form of numbers as a means of finding information about what you want to know. The main problem in this research is the big influence of the motivation of the Bank Indonesia scholarship on student achievement of the Faculty of Economics and Islamic Business, the Faculty of Sharia, and the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kendari State Islamic Institute? This study aims to see whether there is an effect of Bank Indonesia's motivation on student achievement of the Faculty of Economics and Islamic Business, Faculty of Sharia, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kendari State Islamic Institute. And has benefits from various parties, both from the party being researched and from the author himself. There are two variables in this study, namely Motivation (X) and Learning Achievement (Y). In this study, the population as well as the sample were 27 students of the Faculty of Economics and Islamic Business, 9 students of the Faculty of Sharia, and 14 students of the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kendari State Islamic Institute. So that the number of students receiving Bank Indonesia scholarships from 3 Faculties is 50 students. The instrument in this study was a questionnaire to obtain a motivation score and a learning achievement score. Based on the results of data processing through SPSS 25, it can be seen that the Bank Indonesia Scholarship Motivation does have a significant effect on Student Achievement of Students at the Faculty of Economics and Islamic Business, Faculty of Sharia, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at the Kendari State Islamic Institute. The results of statistical tests as seen in the partial test (t-test) data output show that the regression coefficient is β0 = 0,434. Furthermore, the significance test is carried out, namely the probability value (Sig.) = 0.000 < 0.05 or by comparing the tcount (4,229) > t table (2,009), so that it can show that there is significant effect between Bank Indonesia Scholarship Motivation on Learning Achievement Students at the Kendari State Islamic Institute.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bank indonesia, beasiswa bank indonesia, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan
Bank
Bank Islam
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Jan 2021 06:36
Last Modified: 07 Jan 2021 06:36
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item