MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BAITUL QUR’AN KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN

Niken Widiastita (16010105003), N (2021) MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BAITUL QUR’AN KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (383kB)
[img] Text
COVER DATAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Niken Widiastita (16010105003) Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Media Playdough Pada Anak Kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. (Dibimbing Oleh La Ode Anhusadar, S.Pd.I,. M.Pd Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual- spasial melalui kegiatan bermain menggunakan media playdough pada anak kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. Dengan subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan hasil karya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain menggunakan media playdough dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. Pada siklus satu menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan visual-spasial anak dominan berada pada penilaian mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan 40% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus dua menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan visual-spasial anak dominan berada pada penilaian berkembang sangat baik dengan kriteria ketuntasan sangat baik perkembangan kecerdasan visual-spasial melalui kegiatan bermain playdough pada indikator koordinator mata dan motorik anak dalam membuat berbagai bentuk sebanyak 80%, kemantapan persepsi anak dalam mengenal macam-macam warna dan ragam bentuk yaitu 90%, diskriminasi visual anak dalam membedakan dan mengklasifikasikan bentuk dan ukuran suatu benda sebanyak 80%. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa melalui media playdough dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. Kata Kunci : Kecerdasan Visual-Spasial, Playdough.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Visual-Spasial, Playdough.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:00
Last Modified: 14 Jan 2021 03:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item