Niken Widiastita (16010105003), N (2021) MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL-SPASIAL MELALUI MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BAITUL QUR’AN KECAMATAN RANOMEETO KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
BAB 1.pdf Download (383kB) |
|
Text
COVER DATAR ISI DAN ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (559kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (504kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (341kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Niken Widiastita (16010105003) Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Melalui Media Playdough Pada Anak Kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. (Dibimbing Oleh La Ode Anhusadar, S.Pd.I,. M.Pd Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan visual- spasial melalui kegiatan bermain menggunakan media playdough pada anak kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. Dengan subjek penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan hasil karya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain menggunakan media playdough dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. Pada siklus satu menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan visual-spasial anak dominan berada pada penilaian mulai berkembang dan berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan 40% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus dua menunjukkan bahwa perkembangan kecerdasan visual-spasial anak dominan berada pada penilaian berkembang sangat baik dengan kriteria ketuntasan sangat baik perkembangan kecerdasan visual-spasial melalui kegiatan bermain playdough pada indikator koordinator mata dan motorik anak dalam membuat berbagai bentuk sebanyak 80%, kemantapan persepsi anak dalam mengenal macam-macam warna dan ragam bentuk yaitu 90%, diskriminasi visual anak dalam membedakan dan mengklasifikasikan bentuk dan ukuran suatu benda sebanyak 80%. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa melalui media playdough dapat meningkatkan kecerdasan visual-spasial anak kelompok B PAUD Baitul Qur’an Kecamatan Ranomeeto. Kata Kunci : Kecerdasan Visual-Spasial, Playdough.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Visual-Spasial, Playdough. |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 14 Jan 2021 03:00 |
Last Modified: | 14 Jan 2021 03:00 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2959 |
Actions (login required)
View Item |