M E NIN GK AT K AN KE T E RA M P IL AN M OT ORIK HAL US ANA K M E L ALUI K E G IATA N M E M B ATIK JU M PU T AN PA DA K E L OMP O K B USIA 5 6 T AHUN DI TK AS S ALAM DES A LABO K E O K E CA M ATAN L AEYA K ABU P ATE N K ONA WE S E L ATAN

Oshin Santi Tawulo. 16010105025., O (2021) M E NIN GK AT K AN KE T E RA M P IL AN M OT ORIK HAL US ANA K M E L ALUI K E G IATA N M E M B ATIK JU M PU T AN PA DA K E L OMP O K B USIA 5 6 T AHUN DI TK AS S ALAM DES A LABO K E O K E CA M ATAN L AEYA K ABU P ATE N K ONA WE S E L ATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Oshin Santi Tawulo. 16010105025. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Jumputan Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk As-Salam Desa Labokeo Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Dibimbing oleh: La Ode Anhusadar, S.Pd, I. M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) gambaran perkembangan motorik halus anak pada kelompok B di TK As-Salam, (2) pelaksanaan dari kegiatan membatik jumputan dalam pengembangan motorik halus anak pada kelompok B di TK As-Salam. penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus model kemmis dan Mc taggart yang memiliki empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan.Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membatik jumputan dapat meningkatkan perekmbangan motorik halus anak kelas B di TK As-Salam Desa Labokeo Kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan. Perkembangan motorik halus anak mengalami perubahan yang sangat baik. Pada siklus 1 menunjukkan kemampuan motorik halus anak dominan berada pada kriteria ketuntasan 58,33% atau berada pada kategori cukup. Pada siklus 2 menunjukkan kemampuan motorik halus anak berada pada rentang penilaian berkembang sesuai harapan dengan kriteria ketuntasan sebanyak 75% atau berada dalam kategori baik kemampuan motorik halusnya pada indikator anak dapat membatik sesuai gagasannya indikator ketuntasannya 75%, anak dapat mengekspresikan diri melalui gerakan membatik kriteria ketuntasannya 75%, indikator anak dapat mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit kriteria ketuntasannya 66,66%, indikator anak dapat menggunting sesuai pola kriteria ketuntasannya 75%. Kata Kunci: Motorik Halus, Membatik Jumputan, TK As-salam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Membatik Jumputan, TK As-salam
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:20
Last Modified: 14 Jan 2021 03:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/2960

Actions (login required)

View Item View Item