“Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Sma Negeri 11 Bombana

JASMAN, NIM: 16010108049., J (2021) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kelas X Sma Negeri 11 Bombana. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I skripsi.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB II skripsis.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB III skripsi.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V skripsi.pdf

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK JASMAN, NIM: 16010108049. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 11 Bombana. (Dibimbing Oleh: Dr. La Hadisi S. Ag, M. Pd, I.) Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa yang diajar dengan model Problem Based Learning (PBL) dan model Kooperatif Tipe Jigsaw di SMA Negeri 11 Bombana. (2) Mengetahui Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap hasil belajar biologi pada SMA Negeri 11 Bombana. (3) Mengetahui respon siswa terhadap model Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian menunjukkan: (1) dinyatakan bahawa kedua kelas tidak berbeda di pengetahuan awal hal tersebut ditunjukan dari niali rata-rata Pretest yang hampir sama yaitu kelas Eksperimen 55,52, pada kelas Kontrol 50,2. (2) Terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan mengunakan model problem Based Learning (PBL) pada kelas eksperimen dengan taraf signifikan 5% harga t hitung > t atau (21,416 > 2,101); (3) terdapat respon positif oleh siswa terhadap model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di bandingkan dengan model Kooperatif Tipe Jigsaw. untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa di SMA Negeri 11 Bombana. Kata Kunci : Hasil Belajar Biologi, Model Problem Based Learning (PBL) dan tabel Model Kooperatif Tipe Jigsaw..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Biologi, Model Problem Based Learning (PBL) dan tabel Model Kooperatif Tipe Jigsaw..
Subjects: Ilmu Terapan
Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Mar 2021 02:34
Last Modified: 05 Mar 2021 02:34
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3009

Actions (login required)

View Item View Item