Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa Di SMAN 07 Bombana

Sarina NIM 16010108052, S (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa Di SMAN 07 Bombana. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BIODATA SARINA.pdf

Download (92kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK Sarina NIM 16010108052 "Pengaruh Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Ipa Di SMAN 07 Bombana". Dibimbing Oleh Erdiyanti S. Ag., M. Pd Model pembelajaran Concept Attainment merupakan model pembelajaan yang dapat membantu siswa dalam menguasai gagasan-gagasan penting yang diajarkan dengan cepat memberikan laporan tentang kedalaman pemahaman siswa sekaligus akan memperkuat pengetahuan. Penelitian ini bertujuan; (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Concept attainment. (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar Biologi siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model Concept attainment dan metode konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Design dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data-data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang terdiri dari Posttest, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji t. Bila melihat hasil uji t diperoleh t hitung > t maka 2,13075 > 1,68595 dinyatakan H 0 ditolak dan H 1 tabel diterima. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Attainment dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat diisimpulkan bahwa: Terdapat pengaruh model pembelajaran Concept Attainment terhadap hasil belajar siswa pada materi virus di SMAN 07 Bombana. Kata kunci: Model Pembelajaran Concept Attainment, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Concept Attainment, Hasil Belajar
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Mar 2021 06:03
Last Modified: 05 Mar 2021 06:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3011

Actions (login required)

View Item View Item