STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP ISLAM NUSANTARA BERIMAN DESA BOEARA KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA

Syamsuddin, NIM. 15040201004, S (2021) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP ISLAM NUSANTARA BERIMAN DESA BOEARA KECAMATAN POLEANG KABUPATEN BOMBANA. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER PENGESAHAN DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (971kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (711kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (566kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Syamsuddin, NIM. 15040201004, judul: Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMP Islam Nusantara Beriman Desa Boeara Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. (Dibimbing Oleh: Dr. H. Nur Alim, M.Pd dan Dr. Alauddin Madjid, M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Nusantara Beriman; 2) Implementasi Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Nusantara Beriman; 3) evaluasi Strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Islam Nusantara Beriman Desa Boeara Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan memakai perspektif fenomenologis yang dilaksanakan di SMP Islam Nusantara Beriman yang berlokasi di Kecamatan Poleang Kabupaten Bombana. Dalam penelitian ini manusia sebagai sumber data utama dan hasil penelitiannya berupa kata-kata atau pernyataan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya (alamiah) yang dilakukan baik pada Kepala Sekolah maupun tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta siswa untuk mengakuratiskan data yang diambil. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah dari informan terutama Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini diperoleh; Kepala sekolah SMP Islam Nusantara Beriman melakukan kegiatan perencanaan bersama dengan semua stakeholder dan unsur pendidikan untuk menentukan langkah-langkah pada saat menyusun perencanaan strategi kepala sekolah. Perencanaan adalah langkah awal dalam proses manajemen strategi yang harus dilakukan kepala SMP Islam Nusantara Beriman dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Pelaksanaan strategi adalah wujud nyata dari program yang sudah direncanakan atau dirumuskan, yang diimplementasi melalui Pembentukan atau Perbaikan Struktur Organisasi, Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik dan Kependidikan, peningkatan prestasi belajar siswa, dan Harmonisasi Hubungan dengan Masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SMP Islam Nusantara Beriman. Dibutuhkan evaluasi strategi kepala sekolah agar pengendalian mutu pendidikan dapat dilakukan sebagaimana mestinya, evaluasi kepala sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui monitoring hasil dari perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategi, mengukur kinerja individu dan sekolah, dan melakukan langkah-langkah perbaikan dimana terdapat kelemahan dan kekurangan pada perencanaan dan strategi implementasi yang dilakukan sehingga belum optimalnya mutu pendidikan di SMP Islam Nusantara Beriman. Dampak positif dari strategi kepala sekolah dapat menciptakan prestasi bidang olah raga baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten, pertandingan umum maupun pertandingan melalui jalur Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) atau Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan olimpiade pada beberapa mata pelajaran. Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan ABSTRACT Syamsuddin, NIM. 15040201004, Title: strategy of school principals in improve the quality of education in junior high SMP Islam Nusantara Beriman village boeara subdistrict poleang district bombana (Guided By: Dibimbing Oleh: Dr. H. Nur Alim, M.Pd and Dr. Alauddin Madjid, M.Pd) This study aims to in order to understand the; 1) the central bank strategic planning of school principals in improve the quality of education at junior secondary SMP Islam Nusantara Beriman; 2) the implementation of strategic of school principals in improve the quality of education at junior secondary SMP Islam Nusantara Beriman; 3) strategic evaluation carried out by the school principals in improve the quality of education at junior secondary SMP Islam Nusantara Beriman village boeara subdistrict poleang district bombana. The approach used in this research was a qualitative approach with their perspective fenomenologis held in junior high SMP Islam Nusantara Beriman who are located in subdistrict poleang district bombana.In this research man as primary data sources and the results of research in the form of words or statement in accordance with the actual state of things ( natural ) is done good with school principals and teachers and teaching staff and students for the data were drawn. accurate The primary data sources in this research is from informants especially the school principals were. Data collection techniques, done by means of observation interviews and. Documentation Engineering data analysis done by steps, presentation of data the reduction of data and the conclusions (perifikasi). The result of this research obtained the school principal SMP Islam Nusantara Beriman Do the planning activities along with all stakeholders and some element of education to determine steps at the time of deciding the school principal strategy. Planning is the first step in the process of strategic management to be done the school principal SMP Islam Nusantara Beriman In order to improve the quality of education ..It is the reality of the program have been planned or formulated, Through the establishment of a diimplementasi, organizational structure or repairs the competence of teachers and education, an increase in this amount, and harmony relation with society in order to improve the quality of education in SMP Islam Nusantara Beriman. The principal strategy needed to control the quality of education can be done properly, the school principals to improve the quality of education through monitoring the results of the planning and implementation of management strategies, Measuring the performance of individuals and school, And the next step where there was weakness and shortage of planning and implementation of the strategy took by ineffective and the quality of education in SMP Islam Nusantara Beriman. The positive impact of the principal strategy to create good achievement of sports and sub-districts district level, The general and the match through a lane National Student Sports Olympics (O2SN) or National Student Art Competition Festival (FLS2N) And olympic games in some subjects. Key words: a strategy of school principals in improve the quality of education ﺚﺤﺒﻟا ﺪﯾﺮﺠﺗ ﺲﻤﺷ ﻦﯾﺪﻟا:ﺐﻟﺎﻄﻟا ﻢﻗر١۵٠۴٠٢٠١٠٠۴ ﺮﯾﺪﻣ ﺔﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳا :عﻮﺿﻮﻤﻟا ﺖﺤﺗ نﺎﻤﯾﺮﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ مﻼﺳإ ﺔﻣﺎﻌﻟا ﺔﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ةدﻮﺟ ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻲﻓ ﺔﺳرﺪﻤﻟا .ﺎﻧﺎﺒﻣﻮﺑ ﺔﻘﻄﻨﻣ ﺞﻨﯿﻟﻮﺑ ﻲﻓفﺮﺸﻤﻟا ﻦﯾﺪﻟا ءﻼﻋ رﻮﺘﻛﺪﻟاو .ﺪﻓ.م، ﻢﻟﺎﻋ رﻮﻧ جﺎﺤﻟا رﻮﺘﻛﺪﻟا (.ﺪﻓ.م ،ﺪﯿﺠﻣ ﻟا فﺪﮭ ﻦﻣا هﺬھ ﺔﺳارﺪﻟ ﻮھ ﺔﻓﺮﻌﻣ١ﻹا ( ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺔﯿﻋﻮﻧ ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻲﻓ ﻲﺴﯿﺋﺮﻟا ﻲﺠﯿﺗاﺮﺘﺳ ﺔﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﺳرﺪﻣنﺎﻤﯾﺮﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ مﻼﺳإ ﺔﻣﺎﻌﻟا .٢ (وﺳرﺪﻤﻟا ﺮﯾﺪﻤﻟ ﻲﺠﯿﺗاﺮﺘﺳﻻا ﺬﯿﻔﻨﺘﻟاﺔ ﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺔﯿﻋﻮﻧ ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻲﻓ مﻼﺳإ ﺔﻣﺎﻌﻟا ﺔ .نﺎﻤﯾﺮﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ٣ (و ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا رﺪﻤﻟا ﺮﯾﺪﻤﻟ ﻲﺠﯿﺗاﺮﺘﺳﻻاﺳﺔ ﺔﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﯿﻣﻼﺳﻹا ﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺔﯿﻋﻮﻧ ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻲﻓ مﻼﺳإﺞﻨﯿﻟﻮﺑ ﻲﻓ نﺎﻤﯾﺮﯿﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ.ﺎﻧﺎﺒﻣﻮﺑ ﺔﻘﻄﻨﻣ ﻲﻓ تﺬﻔﻧ ﻲﺘﻟا ﺮھاﻮﻈﻟا رﻮﻈﻨﻣ ماﺪﺨﺘﺳﺎﺑ ﻲﻋﻮﻧ ﺞﮭﻨﻣ ﻮھ ﺔﺳارﺪﻟا هﺬھ ﻲﻓ مﺪﺨﺘﺴﻤﻟا ﺞﮭﻨﻤﻟا ﻓ .ﺎﻧﺎﺒﻣﻮﺑ ﺔﻘﻄﻨﻣ ﺞﻨﯿﻟﻮﺑ ﻲﻓ نﺎﻤﯾﺮﯿﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ مﻼﺳإ ﺔﻣﺎﻌﻟا ﺔﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﺳرﺪﻣ هﺬھ ﻲ وأ تﺎﻤﻠﻛ ﻞﻜﺷ ﻲﻓ ثﻮﺤﺒﻟا ﺞﺋﺎﺘﻧو تﺎﻧﺎﯿﺒﻠﻟ ﻲﺴﯿﺋﺮﻟا رﺪﺼﻤﻟا ﻢﮭﻔﺻﻮﺑ ﺮﺸﺒﻟا مﺎﻗ ،ﺔﺳارﺪﻟا ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر وأ ﺔﺴﺳﺆﻤﻟا ﺲﯿﺋر ﻰﻠﻋ ءاﻮﺳ (ﻲﻌﯿﺒﻄﻟا) ﻲﻠﻌﻔﻟا ﻊﺿﻮﻟا ﻊﻣ ﻖﻔﺘﺗ تارﺎﺒﻋ هﺬھ ﻲﻓ ﺔﯿﻟوﻷا تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ردﺎﺼﻣ .ﺎﮭطﺎﻘﺘﻟا ﻢﺗ ﻲﺘﻟا تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﻖﯿﻗﺪﺘﻟ بﻼﻄﻟا وأ ﻦﯿﺳرﺪﻤﻟا وأ ﺔﺳارﺪﻟا ﻦﻋ تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﻊﻤﺟ تﺎﯿﻨﻘﺗ ﺬﯿﻔﻨﺗ ﻢﺘﯾو .ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر ﺔﺻﺎﺧ ﻦﯾﺮﺒﺨﻤﻟا ﻦﻣ ﻲھ ﻢﯾﺪﻘﺗ تاﻮﻄﺧ لﻼﺧ ﻦﻣ تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﻞﯿﻠﺤﺗ تﺎﯿﻨﻘﺗ ﺬﻔﻨﺗو .ﻖﺋﺎﺛﻮﻟاو تﻼﺑﺎﻘﻤﻟاو ﺔﻈﺣﻼﻤﻟا ﻖﯾﺮط .جﺎﺘﻨﺘﺳﻹاو تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﻦﻣ ﺪﺤﻟاو ،تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﺬﻔﻧ ﺪﻗ نﺎﻤﯾﺮﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ مﻼﺳإ ﺔﻣﺎﻌﻟا ﺔﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺮﯾﺪﻣ ﻞﺒﻗ ﻦﻣ ﺔﺳارﺪﻟا هﺬھ ﺞﺋﺎﺘﻧو داﺪﻋإ ﺪﻨﻋ تاﻮﻄﺨﻟا ﺪﯾﺪﺤﺘﻟ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺮﺻﺎﻨﻋو ﺔﺤﻠﺼﻤﻟا بﺎﺤﺻأ ﻊﯿﻤﺟ ﻊﻣ ﻂﯿﻄﺨﺘﻟا ﺔﻄﺸﻧأ ﺔﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳﻹا ةرادﻹا ﺔﯿﻠﻤﻋ ﻲﻓ ﻰﻟوﻷا ةﻮﻄﺨﻟا ﻮھ ﻂﯿﻄﺨﺘﻟاو .ﺮﯾﺪﻤﻠﻟ ﻲﺠﯿﺗاﺮﺘﺳﻻا ﻂﯿﻄﺨﺘﻟا نأ ﺐﺠﯾ ﻲﺘﻟا ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻞﺟأ ﻦﻣ نﺎﻤﯾﺮﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ مﻼﺳإ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر ﻞﺒﻗ ﻦﻣ ﺎھﺬﯿﻔﻨﺗ ﻢﺘﯾ وأ ﮫﻟ ﻂﯿﻄﺨﺘﻟا ﻢﺗ ﺪﻗ ىﺬﻟا ﺞﻣﺎﻧﺮﺒﻟ سﻮﻤﻠﻣ ﺮﮭﻈﻣ ﻮھ ﺔﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳﻹا ﺬﯿﻔﻨﺗو .ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺔﯿﻋﻮﻧ ﻦﯿﻤﻠﻌﻤﻟا ةءﺎﻔﻛ ةدﺎﯾزو ،ﺔﯿﻤﯿﻈﻨﺘﻟا ﻞﻛﺎﯿﮭﻟا ﻦﯿﺴﺤﺗ وأ ﻞﯿﻜﺸﺗ لﻼﺧ ﻦﻣ هﺬﯿﻔﻨﺗ ﻢﺗو ،ﮫﺘﻏﺎﯿﺻ ﻌﺘﻟا لﺎﺠﻣ ﻲﻓ ﻦﯿﻠﻣﺎﻌﻟاو ﻦﻣ ﻊﻤﺘﺠﻤﻟا ﻊﻣ تﺎﻗﻼﻌﻟا ﻖﯿﺴﻨﺗو ، بﻼﻄﻟا ﻞﯿﺼﺤﺗ ﻦﯿﺴﺤﺗو ،ﻢﯿﻠ كﺎﻨھو .نﺎﻤﯾﺮﯿﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ مﻼﺳإ ﺔﻣﺎﻌﻟا ﺔﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ةدﻮﺟ ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻞﺟأ ﻞﻜﺸﺑ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ةدﻮﺟ ﺔﺒﻗاﺮﻣ ءاﺮﺟإ ﻦﻜﻤﯾ ﺚﯿﺤﺑ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺮﯾﺪﻣ ﺔﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳا ﻢﯿﯿﻘﺗ ﻰﻟإ ﺔﺟﺎﺣ ةدﻮﺟ ﻦﯿﺴﺤﺘﻟ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺮﯾﺪﻣ ﻢﯿﯿﻘﺗو ،ﺢﯿﺤﺻ ﺬﯿﻔﻨﺗو ﻂﯿﻄﺨﺗ ﺞﺋﺎﺘﻧ ﺪﺻر لﻼﺧ ﻦﻣ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺪﺟﻮﺗ ﺚﯿﺣ ﺔﯿﺤﯿﺤﺼﺗ تاﻮﻄﺧ ذﺎﺨﺗاو ،ﺔﺳرﺪﻤﻟاو داﺮﻓﻷا ءادأ سﺎﯿﻗو ،ةرادﻹا تﺎﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳا ةدﻮﺟ نﻮﻜﺗ ﺚﯿﺤﺑ ﺎھﺬﯿﻔﻨﺗ ﻢﺗ ﻲﺘﻟا تﺎﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳﻻا ﺬﯿﻔﻨﺗو ﻂﯿﻄﺨﺘﻟا ﻲﻓ نﺎﺼﻘﻧو ﻒﻌﺿ طﺎﻘﻧ نﺎﻤﯾﺮﺑ ارﺎﺘﻧﺎﺳﻮﻧ مﻼﺳإ ﺔﻣﺎﻌﻟا ﺔﻄﺳﻮﺘﻤﻟا ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻲﻓ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا نأ ﻦﻣ ﻢﻏﺮﻟا ﻰﻠﻋ .ﺔﯿﻟﺎﺜﻣ ﺮﯿﻏ .ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ةدﻮﺟ ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻰﻓ ﻲﺑﺎﺠﯾإ ﻞﻜﺸﺑ ﺖﺒﺛأ ﺪﻗ ﺮﯾﺪﻤﻟا ﺔﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳا حﺎﺠﻧ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺔﯿﻋﻮﻧو ﺮﯾﺪﻤﻟاو ﺔﯿﺠﯿﺗاﺮﺘﺳﻹا :ﺔﯿﺣﺎﺘﻔﻤﻟا تﺎﻤﻠﻜﻟا

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Manajemen, Mutu pendidikan, Kinerja guru
Uncontrolled Keywords: Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Aug 2021 03:16
Last Modified: 26 Aug 2021 03:16
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3091

Actions (login required)

View Item View Item