PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 92 KENDARI

AJENG WURHANYUATIN, NIM.15010104073,, A (2021) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 92 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (457kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK AJENG WURHANYUATIN, NIM.15010104073, Judul: Penerapan Metode Index Card match untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 92 Kendari, (Dibimbing Oleh: Raehang, S.Ag, M.Pd.I) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran Index Card Match di SDN 92 Kendari, pada mata pelajaran IPS di kelas IV, dan untuk mengetahui metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 92 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data-data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil belajar yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Index card match terjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa begitupun juga aktivitas guru dan siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang dicapai disetiap siklus. Dimana pada hasil tes awal sebelum pelaksanaan tindakan melalui pembelajaran index card match ketuntasan siswa hanya mencapai 52,17% dengan nilai rata-rata 68,86. Kemudian dilakukannya tindakan siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, ketuntasan belajar mencapai 69,56% dengan nilai rata-rata 75,47. Namun belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 80%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan persentase ketuntasann mencapai 86,95% dengan nilai rata-rata 80,69. Selanjutnya aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I pertemuan pertama hasil aktivitas guru mencapai 79,16% dan aktivitas siswa mencapai 80,95%. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I Aktivitas guru mencapai 83,33% dan aktivitas siswa mencapai 85,71%. Sedangkan pada siklus II pertemuan pertama aktivitas guru mencapai 91,66% dan aktivitas siswa mencapai 95%. Kemudian pada pertemuan kedua siklus II aktivitas guru mencapai 95,83% dan aktivitas siswa mencapai 100%. Kata Kunci : Pembelajaran Index Card Match SDN 92 Kendari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: METODE PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Index Card Match SDN 92 Kendari
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:05
Last Modified: 30 Aug 2021 02:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3112

Actions (login required)

View Item View Item