Pengaruh Penerapan Model Problem Based learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Kendari,

Iqrawati Santri Ayu Putri Fatimah, NIM. 16010108023,, I (2021) Pengaruh Penerapan Model Problem Based learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Kendari,. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (452kB)

Abstract

ABSTRAK Iqrawati Santri Ayu Putri Fatimah, NIM. 16010108023, Pengaruh Penerapan Model Problem Based learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Kendari, Dibimbing Oleh: Bapak Zainuddin S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Kendari, 2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Kendari, 3) Adakah pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Kendari dan 4) Apakah ada pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi materi pokok sistem reproduksi kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Kendari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Kendari, sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 49 sampel. Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini menggunakan instrument tes pilihan ganda serta lembar observasi guru dan siswa. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu tehnik analisis statistic deskriptif, teknik analisis statistik inferensial: uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji normal gain) dan uji hipotesis (uji korelasi person product moment, uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran PBL diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,91 dan siswa yang sudah mencapai SBM hanya 2 siswa atau sekitar 8,33% dari 24 siswa. Sedangkan yang belum mencapai SBM sebanyak 22 siswa atau sekitar 91,67%. 2) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran PBL diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 57,32% dan siswa yang sudah mencapai SBM hanya 2 siswa atau 8% dari 25 siswa. Sedangkan yang belum mencapai SBM sebanyak 23 atau 92%. 3) Terdapat pengaruh terhadap penerapan model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dimana nilal hasil t hitung 7,136> t Tabel 1,677. 4) Terdapat pengaruh terhadap penerapan model PBL terhadap hasil belajar siswa dimana nilal hasil t hitung 20,30> t Tabel 1,677. Kata Kunci : model Problem Based learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: model Problem Based learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: model Problem Based learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:26
Last Modified: 30 Aug 2021 03:26
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3115

Actions (login required)

View Item View Item