PEMBINAAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMKN 1 WAWONII KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN

Gusran Ahmad Garusu, 17040202010 (2021) PEMBINAAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMKN 1 WAWONII KABUPATEN KONAWE KEPULAUAN. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Gusran Ahmad Garusu, NIM: 17040202010: Pembinaan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Siswa SMKN 1 Wawonii. (dibimbing oleh Prof. Dr.H Zulkifli Musthan, M.Si., M.Pd. dan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku-perilaku siswa yang belum sesuai dengan nilai-nilai karakter yang diharapkan di SMKN 1 Wawonii. Oleh karena itu, perlu pembinaan karakter siswa oleh guru PAI agar siswa memiliki karakter mulia sebagaimana tujuan dari pendidikan. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah pembinaan karakter siswa melalui guru PAI di SMKN 1 Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan mulai bulan September sampai dengan bulan Desember tahun 2019, dengan sumber data , yakni 1 orang guru PAI. 12 guru mata pelajaran lain, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data, yakni (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dengan langkah-langkah: (1) koleksi data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) verifikasi data. Peneliti juga dapat melakukan kegiatan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nilai karakter yang menjadi fokus pembinaan guru PAI SMKN 1 Wawonii adalah nilai religius, nilai nasionalisme, nilai gotong royong, nilai integritas, dan nilai kemandirian. Pembinaan nilai-nilai karakter mulia ini adalah melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler dengan tahapan proses, yakni mengetahui, memahami, menerima, melakukan, membiasakan atau membudayakan nilai-nilai karakter mulia tersebut. (2) Faktor pendukung dalam pembinaan karakter siswa di SMKN 1 Wawonii adalah faktor guru dan faktor siswa, sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor lingkungan dan faktor siswa. Guru sebagai faktor pendukung karena (a) adanya komitmen guru PAI dalam dalam membina karakter siswa, (b) kompetensi guru PAI dalam mendesain pembelajaran berbasis karakter, dan (c) adanya keteladanan guru PAI dalam menunjukkan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai karakter yang menjadi fokus dalam pembelajaran PAI, sedangkan faktor siswa sebagai faktor pendukung adalah munculnya dan tumbuhnya motivasi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan berbasis karakter. Selanjutnya, faktor penghambat dalam pembinaan karakter siswa di SMKN 1 Wawonii adalah (a) faktor lingkungan, dan (b) faktor siswa. Faktor lingkungan yang menjadi penghambat karena sulitnya guru mengontrol perilaku siswa, karena faktor jarak antara tempat tinggal guru dan tempat tinggal siswa, sedangkan faktor siswa menjadi faktor penghambat karena adanya beberapa siswa yang sering melanggar tata tertib sekolah dan sering terlambat datang ke sekolah, walaupun guru telah melakukan upaya-upaya pembinaan, namun belum berhasil. (3) Dampak pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMKN 1 Wawonii adalah (a) tumbunya jiwa religius siswa; (b) tumbuhnya kesadaran berempati siswa; (c) tumbuhnya keasadaran bertanggung jawab siswa; dan (d) tumbunya kesadaran siswa dalam mencintai lingkungannya. ABSTRACT Gusran Ahmad Garusu, NIM: 17040202010: The Internalization of the Characters Values Through Islamic Education of Students of SMKN 1 Wawonii of Konawe Archipelogo regency. (Guided by Prof. Dr.H Zulkifli Musthan, M.Si., M.Pd. dan Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag.) The background of this research is the existence of students‟ behavior that are not suitable with standard value of characters at SMKN 1 Wawonii of Wawonii. Therefore, internalization of character values to the students is an important thing to conducted by the Islamic of Education teacher in order to the students possess noble character as the goal of education. The focus of this research is the internalization of character values to students that conducted by Islamic teacher and other teachers at the SMKN 1 Wawonii of Konawe Archipelogo Regency. This resrach was conducted at SMKN 1 Wawonii of Konawe Archipelago Regency from 4 st September up to 4 st December in 2019, with data resources, namely 1 person of PAI teacher. 2 other teachers, and school principal. The echnique of data collection, namely (1) observation, (2) interview, and (3) documentation. The data of this study was analyzed by using descriptive by following the steps: (1) data collection, (2) data reduction, (3) data display, and (4) data verification. The researcher also used checking data validity. Result of this study shows that (1) the character values that focused by PAI teacher at the SMKN 1 Wawonii are religious, nasionalisme, mutual cooperation, integrity, and independence values. The process of internalization of these chracters through intracuricular and extracurricular by using fife process, namely knowing, comprehend, acceptance, doing, and habituation. (2) the supporting factors of the internlization charcater values that found at the students of SMKN 1 Wawonii were (a) teacher factors, (b) students factors, and (c) enviroment factor. Meanwhile, the barries factors are (a) environmental factor and (b) students factor. (3) The positive impact of the internalization of character values to the students of SKN 1 Wawonii were (a) growth of religious atitude of the students; (b) the growth of students sympathy to the others; (c) the growth of students‟ responsibilty in doing the tasks; and (d) the growth of students‟ conscious for loving their environment.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: pembinaan karakter, etika
Uncontrolled Keywords: Pembinaan karakter, etika
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Aqidah
Ilmu Sosial
Ahlak
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:46
Last Modified: 15 Dec 2021 02:14
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3211

Actions (login required)

View Item View Item