Farid Affandi. 17010101073., F (2022) PERAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 11 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
Halaman Judul.pdf Download (658kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (313kB) |
|
Text
Bab II .pdf Download (484kB) |
|
Text
Bab III .pdf Download (307kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text
Bab V.pdf Download (283kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (371kB) |
Abstract
ABSTRAK Farid Affandi. 17010101073. Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Siswa di SMA Negeri 11 Kendari. Dibimbing oleh: Raehang, S.Ag., M.Pd.I. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan dan keberadaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa di SMA Negeri 11 Kendari. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, kepala perpustakaan, pustakawan, guru, siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa secara umum sudah diselenggarakan dengan baik seperti dalam hal penataan ruang gedung perpustakaan telah ditata dengan baik, peralatan dan perlengkapan sudah sesuai standar, pelayanan pembaca yang sudah memadai, melakukan katalogisasi, koleksi bahan pustaka sudah standar walau ada beberapa koleksi yang perlu dilakukan penambahan dari jumlah buku, selain itu perpustakaan juga melakukan inovasi yang diberinama “Sapulidi” merupakan akronim dari samabels punya literasi digital, inovasi ini berupa penyediaan barcode yang dapat discan oleh para pengunjug untuk memperoleh berbagai macam informasi. Dari segi SDM, para petugas perpustakaaan telah memiliki kemampuan yang mumpuni dalam pengelolan perpustakaan sehingga penyelenggaraan perpustakaan berjalan dengan baik. Sedangkan keberadaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar siswa yaitu, perpustakaan menimbulkan kecintaan menbaca siswa, perpustakaan memudahkan murid dalam menyelesaikan tugasnya, perpustakaan memperkaya pengalaman belajar, perpustakaan membantu siswa kearah tangggung jawab, perpustakaan menghimpun karya para siswa dan guru. Kata Kunci: Peran, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Peran, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar siswa |
Uncontrolled Keywords: | Peran, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar siswa |
Subjects: | Agama Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 00:55 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 00:55 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3238 |
Actions (login required)
View Item |