KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 92 KENDARI

Intan Indari, Nim 17010104019, I (2022) KERJA SAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 92 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (973kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Intan Indari, Nim 17010104019, Kerja Sama Guru dan Orang Tua dalam Menerapkan Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid�19 di SDN 92 Kendari (Dibimbing Oleh Dr. Jumarddin La Fua S.Si M. Si) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN 92 kendari. 2) Untuk mengetahui bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN 92 kendari. 3) Untuk mengetahui kendala yang dialami oleh guru, orang tua dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SDN 92 kendari. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini diklasifikasi menjadi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan panarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: Kerja sama guru dan orang tua dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SD Negeri 92 Kendari dapat diketahui dengan hasil pengamatan dan wawancara pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan dengan memanfaatkan media menggunakan aplikasi whatsApp, proses pelaksanaan pembelajaran daring dan evaluasi pembelajaran daring. Bentuk kerja sama guru dan orang tua dalam menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 dilakukan melalui komunikasi yang komprehensif dengan mendampingi siswa saat pelaksanaan pembelajaran daring, komunikasi antara guru dan orang tua saat pelaksanaan pembelajaran daring dan kunjungan guru ke rumah siswa. Kendala yang dialami oleh guru, orang tua dan siswa pada pelaksanaan pembelajaran daring dapat ditinjau kedalam beberapa tahap permasalahan antara lain, keterbatasan orang tua dan siswa dalam penggunaan aplikasi pembelajaran online, keterbatasan akses pembelajaran daring dan keterbatasan penguasaan kompetensi materi pelajaran. Kata Kunci: Kerja Sama, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19 ABSTRAK Intan Indari, Nim 17010104019, Teacher’s and Parent’s Cooperation in Implementing Online Learning during Pandemic Covid-19 at SDN 92 Kendari (Supervised By : Dr. Jumarddin La Fua S. Si M. Si) This study aims to describe: 1) To find out the implementation of online learning during the covid-19 pandemic at SDN 92 Kendari. 2) To find out the form of cooperation between teachers and parents in implementing online learning during the covid-19 pandemic at SDN 92 Kendari. 3) To find out the obstacles experienced by teachers, parents and students in carrying out online learning during the covid-19 pandemic at SDN 92 Kendari. This study uses a qualitative research method with a descriptive approach. The types of data in this study are classified into primary data and secondary data. Data collection methods consist of interviews, observations and documentation which are then analyzed by means of data reduction, data presentation and conclusion drawing. Checking the validity of the data is done by extending observations, increasing persistence and triangulation. Based on the results of the research conducted, it shows that: The cooperation of teachers and parents in implementing online learning during the covid-19 pandemic at SD Negeri 92 Kendari can be known by the results of observations and interviews on the implementation of online learning by utilizing media using the WhatsApp application, the process of implementing learning online and evaluation of online learning. The form of collaboration between teachers and parents in implementing online learning during the COVID-19 pandemic is carried out through comprehensive communication by assisting students during online learning, communication between teachers and parents during online learning and teacher visits to students' homes. Constraints experienced by teachers, parents and students in the implementation of online learning can be reviewed into several stages of problems, including the limitations of parents and students in using online learning applications, limited access to online learning and limited mastery of subject matter competencies. Keywords: Cooperation, Online Learning, Covid-19 Pandemic

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kerja Sama, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
Uncontrolled Keywords: Kerja Sama, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:03
Last Modified: 17 Jan 2022 02:03
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item