PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM DAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BONEGUNU

Kiki Nurzila , NIM. 17010107017, K (2022) PENGARUH PEMANFAATAN LABORATORIUM DAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BONEGUNU. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kiki Nurzila, NIM. 17010107017 Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium dan Nilai Karakter Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bonegunu, Dibimbing Oleh: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN 2 Bonegunu, (2) pengaruh nilai karakter terhadap hasil belajar IPA siswa SMPN 2 Bonegunu, (3) Pengaruh pemanfaatan laboratorium dan nilai karakter terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 2 Bonegunu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 50 siswa, sampel yang digunakan pada penenlitian ini yaitu sebanyak 50 sampel. Teknik pengumpulan data pada penenlitian ini menggunakan, angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif,: uji prasyarat (uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas uji Heteroskedastisitas, dan uji homogenitas varians popualsi) dan uji hipotesis (uji regresi linear berganda, uji t, uji F simultan dan uji koefisien determinasi). Hasil penenlitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA siswa SMPN 2 Bonegunu memiliki rata-rata sebesar 76,04 dengan kategori sedang, (2) Nilai karakter siswa SMPN 2 Bonegunu memiliki rata-rata sebesar 76,3, dengan kategori sedang, (3) Pemanfaatan laboratorium IPA siwa SMPN 2 Bonegunu memiliki rata-rata sebesar 85,42, dengan kategori tinggi, (4) Terdapat pengaruh pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar IPA siswa, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, dengan kontribusi sebesar 96,7%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) atau pemanfaatan laboratorium berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar IPA, (5) Terdapat pengaruh nilai karakter terhadap hasil belajar IPA siswa dengan nilai signifikan 0,007 < 0,05, dengan kontribusi sebesar 96,7%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X2) atau nilai karakter berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar, (6) Terdapat pengaruh pemanfaatan laboratorium dan nilai karakter terhadap hasill belajar IPA siswa dengan nilai Fhitung 680,660 > Ftabel 3,19, dengan kontribusi sebesar 96,7%, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel (X1) atau pemanfaatan laboratorium dan (X2) atau nilai karakter berpengaruh terhadap variabel (Y) atau hasil belajar. Kata Kunci : Laboratorium, Nilai Karakter, Hasil Belajar. ix ABSTRACT Kiki Nurzila , NIM. 17010107017 The Influence of Laboratory Utilization and Character Values on Natural Science Learning Outcomes of Class VIII SMP 2 Bonegunu Students, Supervised by: Mr. H asrin Lamote, S.Pd., M.Sc This study aims to determine: (1) Effect of utilization of the laboratory of the results of learning science students SMPN 2 Bonegunu, (2) the effect of the value of the character on the results of learning science students of SMPN 2 Bonegunu, (3) Effect of utilization of the laboratory and the character values of the outcomes of learning science students of SMP Negeri 2 Bonegunu. This research is a quantitative research. The population in this study were all students of class VIII as many as 50 students, the sample used in this research was 50 samples. Data collection techniques in this research used questionnaires, documentation and interviews. The data analysis techniques used are descriptive analysis techniques: prerequisite tests (normality test, linearity test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and variance homogeneity test ) and hypothesis testing (multiple linear regression test, t test, simultaneous F test and determination coefficient test) . The results of the study showed that: (1) The science learning outcomes of the students at SMPN 2 Bonegunu had an average of 76,04 in the moderate category, (2) The character values of the students at SMPN 2 Bonegunu had an average of 76,3, in the moderate category, ( 3) Utilization of the student science laboratory at SMPN 2 Bonegunu has an average of 85,42, with a high category, (4) There is an effect of the use of the laboratory on students' science learning outcomes, with a significant value of 0,000 < 0,05, with a contribution of 96,7 %, so it can be concluded that the variable (X 1 ) or the use of the laboratory has an effect on the variable (Y) or science learning outcomes, (5) There is an effect of character values on the results. Science learning students with a significant value 0,007 < 0,05, with a contribution of 96,7 %, so it can be concluded that the variable (X 2 ) or character values have an effect on the variable (Y) or learning outcomes, (6) There is an effect of laboratory utilization. and the value of character towards hasill learn science students with the value F arithmetic 680,660 > F table 3.19, with a contributions amounted of 96,7 %, so it can be concluded that the variable (X 1 ) or the use of laboratory and (X2) or the value of character affect the variable (Y) or ha sil learn . Keywords : Laboratory , Character Values , Learning Outcome

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Laboratorium, Nilai Karakter, Hasil Belajar.
Uncontrolled Keywords: Laboratorium, Nilai Karakter, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu Terapan
Kinerja Guru
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:41
Last Modified: 17 Jan 2022 02:41
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3259

Actions (login required)

View Item View Item