HAMBATAN AKTIVITAS BELAJAR DARING MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IAIN KENDARI

Normawati. 17010101013., N (2022) HAMBATAN AKTIVITAS BELAJAR DARING MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Normawati. 17010101013. Hambatan Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi COVID-19 Di IAIN Kendari. Dibimbing oleh: Raehang S.Ag. M.Pd.I Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui aktivitas belajar daring mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 di IAIN Kendari (2) mengetahui hambatan aktivitas belajar daring mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 di IAIN Kendari (3) mengetahui alternatif pemecahan hambatan aktivitas belajar daring mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi COVID-19 di IAIN Kendari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanan aktivitas belajar mahasiswa pada masa pandemi COVID-19 saat ini dilakukan secara daring guna untuk meminimalisir penyebaran virus di lingkup IAIN Kendari. Aktivitas pembelajaran daring meliputi penggunaan media/aplikasi pembelajaran daring, pemberian/penyampaian materi belajar, proses kegiatan diskusi kelompok, penggunaan metode dan strategi pembelajaran, pemberian tugas mandiri serta pelaksanaan kegiatan UTS dilaksanakan secara daring. Aplikasi pembelajaran daring melalui WhatsApp, Zoom Cloud Meeting, Google Class Rom, Google Meet, Youtube, Instagram dan E-Learning (Moodle) yang ditunjang dengan sejumlah perangkat teknologi berupa Laptop, Smartphone, jaringan dan kuota internet. (2) Hambatan aktivitas belajar daring mahasiswa di masa pandemi COVID-19 diantaranya jaringan internet kurang merata, kuota internet belum memadai, penggunaan media dan strategi pembelajaran kurang bervariatif, aplikasi pembelajaran kurang berinovatif, lingkungan belajar mahasiswa kurang kondusif, serta kegagalan memahami materi pembelajaran. (3) Alternatif dalam memecahkan hambatan-hambatan aktivitas belajar daring mahasiswa di masa pandemi COVID-19 diantaranya mencari lokasi yang memiliki jaringan internet, membeli kuota internet, beradaptasi dalam menggunakan aplikasi pembelajaran, mencari tambahan materi pembelajaran di situs internet, jurnal dan buku-buku perpustakaan. Selain itu dosen juga dapat berusaha beradaptasi dalam menggunakan aplikasi pembelajaran, memberikan ix konsekuensi bagi mahasiswa yang kehadirannya tidak memenuhi penilaian, membeli promo paket data yang disediakan oleh Telkomsel selama masa pandemi COVID-19. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Daring, Pendidikan Agama Islam, Pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aktivitas Belajar Daring, Pendidikan Agama Islam, Pandemi COVID-19.
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Daring, Pendidikan Agama Islam, Pandemi COVID-19.
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:38
Last Modified: 20 Jan 2022 01:38
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3287

Actions (login required)

View Item View Item