MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MURID KELAS III SDN GALU KECAMATAN ANGGALAMOARE KABUPATEN KONAWE

Puji Lestari, NIM. 13010104022, P (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MURID KELAS III SDN GALU KECAMATAN ANGGALAMOARE KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Puji Lestari, NIM. 13010104022 “Meningkatkan kemampuan membaca melalui penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Murid Kelas III SDN Galu Kecamatan Anggalamoare Kabupaten Konawe” (Di bimbing oleh Dr.Samrin, M.Pd.I). Pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar, menjadikan siswa cepat memahami dibanding buku cerita yang tidak menggunakan gambar, karena dengan buku cerita bergambar kita dapat membantu mempermudah siswa untuk menuangkan gagasan-gagasannya ke dalam bentuk bahasa karena gambar akan memberikan inspirasi dan motivasi yang sangat tinggi kepada siswa untuk melakukan proses pembelajaran terutama dalam mengajarkan membaca secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa melalui penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa Kelas III SDN Galu Kecamatan Anggalamoare Kabupaten Konawe. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Karakteristik yang khas dari penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan - tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III yang berjumlah 20 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data hasil belajar Bahasa Indonesia, data tersebut dikumpulkan dengan tes siklus I dan II yang dalam pelaksanaanya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi pada masing-masing siklusnya. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas III SDN Galu Kecamatan Anggalamoare Kabupaten Konawe dalam menggunakan metode Media Buku Cerita Bergambar mengalami peningkatan dari aspek kemampuan membaca siswa. Hal ini terlihat dari hasil tes Siklus I yaitu terdapat 12 orang siswa (60%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 66,50 artinya nilai ketuntasan klasikal siswa lebih kecil dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (60 < 70), dan meningkat pada Siklus ke II menjadi 18 orang siswa (90%), dengan rata-rata 74, artinya nilai ketuntasan klasikal siswa lebih besar dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (90 > 70). Jadi ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 30 %. Kata Kunci: Media Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Membaca Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Media Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Membaca Siswa
Uncontrolled Keywords: Media Buku Cerita Bergambar, Kemampuan Membaca Siswa
Subjects: Manajemen
Kinerja Guru
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:12
Last Modified: 26 Jan 2022 07:12
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item