PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTEK MENGAJAR MAHASISWA PLP II DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN

RAHMAWATI, NIM. 17010109002, R (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MICROTEACHING DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTEK MENGAJAR MAHASISWA PLP II DI FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (314kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK RAHMAWATI, NIM. 17010109002. Pengaruh Pembelajaran Microteaching dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kemampuan Praktek Mengajar Mahasiswa PLP II di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Dibimbing Oleh: Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc.) Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran microteaching terhadap kemampuan praktek mengajar mahasiswa PLP II (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kemampuan praktek mengajar mahasiswa PLP II (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran microteaching dan kompetensi pedagogik terhadap kemampuan praktek mengajar mahasiswa PLP II. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei yang dilaksanakan di Kampus IAIN Kendari. Data pembelajaran microteaching dan kompetensi pedagogik diperoleh melalui instrumen angket, sedangkan data kemampuan praktek mengajar diperoleh dari nilai PLP II mahasiswa Tadris Fisika dan Matematika angkatan 2017. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas serta pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dimana pada analisis tersebut terdapat uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh pembelajaran microteaching terhadap kemampuan praktek mengajar mahasiswa PLP II, hal ini diperoleh dari nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05 2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kemampuan praktek mengajar mahasiswa PLP II yang diperoleh dari nilai signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05 3) tidak terdapat pengaruh pembelajaran microteaching dan kompetensi pedagogik terhadap kemampuan praktek mengajar mahasiswa PLP II yang diperoleh dari nilai Fhitung < Ftabel atau 1,043 < 3,19. Kata Kunci: Pembelajaran Microteaching, Kompetensi Pedagogik, dan Kemampuan Praktek mengajar. ix ABSTRACT RAHMAWATI, NIM. 17010109002. Effect of Microteaching Learning and Pedagogic Competency on The Practical Ability to Teach PLP II Students in the Faculty of Tarbiyah and Teaching Sciences (Guided By: Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc.) This study aims: (1) To find out the influence of microteaching learning on the teaching ability of PLP II students (2) To know the influence of pedagogic competence on the teaching practice skills of PLP II students (3) To determine the influence of microteaching learning and pedagogic competencies on the teaching practice skills of PLP II students. This type of research is quantitative research with survey methods conducted at IAIN Kendari Campus. Data on microteaching learning and pedagogic competencies obtained through questionnaire instruments, while data on teaching practice skills obtained from PLP II scores of Tadris Physics and Mathematics students of the class of 2017. The data analysis used in this study is a classic assumption test consisting of normality test, linearity test, multicolinearity test, and heteroskedastisity test and hypothesis testing using multiple linear regression analysis where in the analysis there are partial tests (t test) and simultaneous test (F test). The results of this study showed that 1) there is an influence of microteaching learning on the teaching practice skills of PLP II students, this is obtained from the significance value of < 0,05 or 0,000 < 0.05 2) there is an influence of pedagogic competence on the teaching practice ability of PLP II students obtained from the significance value of < 0,05 or 0,000 < 0,05 3) there is no influence of microteaching learning and pedagogic competence on the teaching practice skills of PLP II students obtained from Fcalculated < Ftabel or 1,043 < 3,19. Keywords: Microteaching Learning, Pedagogic Competency, and Teaching Practice Skills

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembelajaran Microteaching, Kompetensi Pedagogik, dan Kemampuan Praktek mengajar.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Microteaching, Kompetensi Pedagogik, dan Kemampuan Praktek mengajar.
Subjects: Ilmu Terapan
Fisika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:50
Last Modified: 26 Jan 2022 07:50
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item