ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA NEGERI 04 BOMBANA

ROSDIANTI, NIM: 17010109015, R (2022) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMA NEGERI 04 BOMBANA. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (844kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (895kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
BAB V PENUTUIP.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA _ LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ROSDIANTI, NIM: 17010109015. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMA Negeri 04 Bombana (Dibimbing oleh: La Ode Asmin S.Si, M.Sc) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fisika di kelas XI MIA SMA Negeri 04 Bombana (2) mengetahui tingkat pemahaman peserta didik pada konsep suhu dan kalor di kelas XI SMA Negeri 04 Bombana. (3) mengetahui miskonsepsi peserta didik pada konsep suhu dan kalor di kelas XI MIA SMA Negeri 04 Bombana. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di kelas XI MIA SMA Negeri 04 Bombana. Data pelaksanaan pembelajaran fisika diperoleh melalui lembar observasi, hasil wawancara guru, dan peserta didik. Data tingkat pemahaman peserta didik diperoleh melalui hasil tes dan wawancara guru dengan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran Fisika di kelas XI MIA SMA Negeri 04 Bombana cukup baik, namun masih ada beberapa kendala yaitu belum terlaksananya aspek pelaksanaan pembelajaran dengan efisien baik dari guru maupun peserta didik. (2) Tingkat pemahaman peserta didik pada konsep suhu dan kalor dibagi dalam tiga kategori yaitu paham konsep (PK), miskonsepsi (MIS), dan tidak paham konsep (TPK). (3) Tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi suhu dan kalor di kelas XI MIA SMA Negeri 04 Bombana tergolong tinggi, dikarenakan lebih banyak jumlah peserta didik yang mengalami miskonsepsi dibanding paham konsep. Dengan demikian, terdapat miskonsepsi peserta didik pada materi suhu dan kalor di kelas XI SMA Negeri 04 Bombana. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Fisika, Konsep Suhu dan Kalor, Tingkat Pemahaman, Analisis Miskonsepsi x ABSTRACT ROSDIANTI, NIM: 17010109015. Analysis of Student Misconceptions on Temperature and Heat Material in Class XI SMA Negeri 04 Bombana (Supervised by: La Ode Asmin S.Si, M.Sc) This study aims to (1) determine the implementation of physics learning in class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana (2) knows the level of understanding of student on the concept of temperature and heat in class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana (3) knowing students’ misconceptions on the concept of temperature and heat material in class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana. This type of research uses descriptive qualitative methods carried out in class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana. Data on the implementation of physics learning is obtained through observation sheets, the results of interviews with teachers and student. The data on students’ level of understanding were obtained through test results and teacher interviews with student. This results showed: (1) The implementation of physics learning in class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana mas quite good, but there were still several obstacles, namely the implementation of learning aspects that had not been implemented efficientaly both from teachers and students. (2) The level students’ understanding of the concept of temperature and heat material is devided into three categories, namely understanding the concept (PK), misconceptions (MIS), and not understanding the concept (TPK). (3) The level of students’ misconceptions on temperature and heat material in class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana is high, because there are more the number of students who experienced misconceptions compared to understanding the concept. Thus, there were students’ misconceptions on temperature and heat material in class XI MIA SMA Negeri 04 Bombana. Keywords: Implementations of Learning Physics, Concept of Temperature and Heat Material, Level of Understanding, Analysis of Misconceptions

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pelaksanaan Pembelajaran Fisika, Konsep Suhu dan Kalor, Tingkat Pemahaman, Analisis Miskonsepsi
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Fisika, Konsep Suhu dan Kalor, Tingkat Pemahaman, Analisis Miskonsepsi
Subjects: Ilmu Terapan
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:37
Last Modified: 27 Jan 2022 07:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3323

Actions (login required)

View Item View Item