PENGARUH PENGGUNAAN ANDROID DAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA IAIN KENDARI

YULI LA ISA, NIM: 17010109021, Y (2022) PENGARUH PENGGUNAAN ANDROID DAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA IAIN KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK YULI LA ISA, NIM: 17010109021. Pengaruh Penggunaan Android dan E�learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IAIN Kendari (Dibimbing oleh: Ir. Muragmi Gazali M.Ed) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan android terhadap motivasi belajar mahasiswa IAIN Kendari (2) mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan E-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa IAIN Kendari (3) mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan android dan E-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa IAIN Kendari. Penelitian ini dilaksankan melalui metode survey dengan analisis statistik deskriptif presentasi yang dilaksanakan di kampus Institutt Agama Islam Negeri Kendari. Data penelitia ini diambil menggunakan kuesioner/angket yang kemudian diberikan kepada mahasiswa fisika Angkatan 2017 dan 2018 menggunakan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan android terhadap motivasi belajar mahasiswa Fisika IAIN Kendari, karena dilihat dari uji parsial nilai thitung lebih besar dibandingkan ttabel yaitu 11,254 > 2,011, dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima berarti ada pengaruh X1 terhadap Y atau ada pengaruh penggunaan android terhadap motivasi belajar mahasiswa. (2) Tidak ada pengaruh penggunaan E-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Fisika IAIN Kendari, karena dilihat dari uji parsial nilai thitung lebih kecil dibandingkan ttabel yaitu 0,473 < 2,011, maka dapat disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak berarti ada pengaruh X2 terhadap Y atau tidak ada pengaruh penggunaan android terhadap motivasi belajar mahasiswa. (3) Ada pengaruh penggunaan android dan E-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa fisika IAIN Kendari, Berdasarkan perhitungan uji F melalui program SPSS 16 yang terdapat dalam kolom F bahwa hasil yang diperoleh adalah sebesar 1,441. Dengan Nilai Signifikan 0,000. Sedangkan nilai Ftabel untuk n = 50 adalah 3,19. Diperoleh Fhitung (1,441) > Ftabel (3,19) dan nilai signifikan (0,000) < α (0,05), yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima berarti ada pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y atau ada pengaruh android dan E-learning terhadap motivasi belajar mahasiswa semakin maksimal penggunaan android dan E-learning maka semakin maksimal pula motivasi belajar mahasiswa. Kata Kunci: Penggunaan Android, Penggunaan E-learning, Motivasi Belajar Mahasiswa ABSTRACT YULI LA ISA, NIM: 17010109021. The Influence of Using Android and E�learning on Student Motivation at IAIN Kendari (Supervised by: Ir. Muragmi Gazali M.Ed) This study aims to (1) determine whether there is an effect of the use of android on the learning motivation of IAIN Kendari students (2) to find out whether there is an effect of using E-learning on the learning motivation of IAIN Kendari students (3) to determine whether there is an effect of using android and E-learning on motivation to learn IAIN Kendari students. This research was carried out through a survey method with a descriptive statistical analysis of the presentation which was conducted at State Islamic Institute of Kendari. This research data was taken using a questionnaire which was given to physics students for Class 2017 and 2018 using google form. The results showed that (1) There is the effect of using android on motivation to learn the students of Physics IAIN Kendari, as seen from the partial test value of t arithmetic greater than t table ie 11.254> 2.011, we can conclude H 0 is rejected and H 1 accepted means no influence X1 to Y or no effect of using android on student learning motivation. (2) There is no effect of using E-learning on the learning motivation of Physics students of IAIN Kendari, because from the partial test the value of t count is smaller than t table, namely 0.473 <2.011, it can be concluded that H 0 is accepted and H 1 is rejected, meaning that there is an effect of X2 against Y or there is no effect of using android on student learning motivation. (3) There is an effect of the use of android and E-learning on learning motivation of physics students at IAIN Kendari. Based on the calculation of the F test through the SPSS 16 program contained in column F, the results obtained are 1.441. With a significant value of 0.000. While the F table value for n = 50 is 3.19. Obtained F count(1.441)> F table (3.19) and a significant value (0.000) <α (0.05), which means that H 0 is rejected and H 1 is accepted, it means that there is an effect of X1 and X2 simultaneously on Y or there is an influence Android and E-learning towards student learning motivation, the more maximum the use of android and E-learning, the more maximum student learning motivation. Keywords: Android Usage, E-Learning Usage, Students Learning Motivation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Penggunaan Android, Penggunaan E-learning, Motivasi Belajar Mahasiswa
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Android, Penggunaan E-learning, Motivasi Belajar Mahasiswa
Subjects: Fisika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 03 Feb 2022 07:37
Last Modified: 03 Feb 2022 07:37
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item