PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 1 JAYA BAKTI KABUPATEN BUTON SELATAN

WaOde Yunita. NIM. 16010104074, W (2022) PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 1 JAYA BAKTI KABUPATEN BUTON SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER DAFTAR ISI DAN ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (390kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK WaOde Yunita. NIM. 16010104074 “Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 1 Jaya Bakti Kabupaten Buton Selatan”. (Dibimbing oleh Dr. H. Moh Yahya Obaid, M. Ag) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 1 Jaya Bakti Kabupaten Buton Selatan. Masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas IV SD Negeri 1 Jaya Bakti Kabupaten Buton Selatan. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis maupun praktis, juga bermanfaat bagi mahasiswa dan juga bagi penulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan-tahapan: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Uji keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Bentuk kesulitan belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IV di SD Negeri 1 Jaya Bakti, Pertama: kurangnya motivasi belajar peserta didik. Kedua: Lambat dalam belajar. Ketiga: Tidak mampu dalam belajar. Keempat: Kebiasaan belajar yang salah. 2) Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IV di SD Negeri 1 Jaya Bakti, Pertama: Penyeab kesulitan belajar pada faktor internal yaitu pemahaman peserta didik yang kurang terhadap materi, minat belajar peserta didik yang kurang, kurang dapat memanfaatkan waktu untuk belajar, kebiasaan belajar yang salah. Kedua: Penyebab kesulitan belajar pada faktor eksternal yaitu mengajar guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang tepat, kurang perhatian orang tua, media massa, pergaulan peserta didik dengan lingkungannya. 3) Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas IV di SD Negeri 1 Jaya Bakti, Pertama: Menjadi fasilitator untuk peserta didik. Kedua: Menjadi teladan yang baik untuk peserta didik. Ketiga: Pembelajaran yang menyenangkan. Keempat: memberi motivasi. . Kata Kunci: Peran guru, Kesulitan belajar, dan Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peran guru, Kesulitan belajar, dan Pembelajaran PAI
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Kesulitan belajar, dan Pembelajaran PAI
Subjects: Kinerja Guru
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:00
Last Modified: 15 Mar 2022 03:00
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item