PEMBUATAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WAKORUMBA SELATAN

Muqsitul Akhsan, NIM. 17010107014, M (2022) PEMBUATAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI TEKANAN ZAT DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WAKORUMBA SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Muqsitul Akhsan , NIM. 17010107014 Pembuatan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan, Dibimbing Oleh: Bapak Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kelayakan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan, 2) Respon siswa pada pembelajaran dengan modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi Tekanan Zat dan Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian ini mengacu pada model prosedur Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahapan: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisis desain, 6) uji coba produk, 7) revisis produk. Subjek penelitian meliputi : 1) subjek validasi produk (ahli materi, ahli media dan ahli bahasa), 2) subjek uji produk hasil penelitian sejumlah 25 peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari yang dibuat telah diuji dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA dengan persentase skor dari ahli materi 94% dengan kategori “Sangat layak”, persentase skor oleh ahli media 96% dengan kategori “Sangat layak”, dan persentase skor dari ahli bahasa 95% dengan kategori “Sangat layak”, 2)Modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari mendapatkan respon sangat baik dari siswa setelah digunakan dalam proses pembelajaran dengan persentase skor penilaian sebesar 94%. Kata Kunci : Modul, Inkuiri Terbimbing, Model Borg & Gall, Tekanan Zat dan Penerapannya dalam kehidupan sehari-hari ix ABSTRACT Muqsitul Akhsan, NIM. 17010107014 Manufacture Guided Inquiry Module Based on Material Pressure substance and application in everyday life to Grade VIII in SMP Negeri 1 South Wakorumba, Guided By Mr. Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc This study aims to determine: 1) Feasibility module based guided inquiry on material pressure substance and application in daily life for students of class VIII SMP Negeri 1 Wakorumba South, 2) Response of students in the learning module based guided inquiry on material Pressure Substance and its application in everyday life. This research is the development of Research and Development (R & D). The procedure of this study refers to the model procedure Borg & Gall which has been modified into seven phases: 1) the potential and problems, 2) data collection, 3) the design of products, 4) design validation, 5) revisis design, 6) product trials, 7 ) product revision. Subject of the study include: 1) the subject of product validation (subject matter experts, media specialists and linguists), 2) the subject of a number of product test results 25 learners study VIII-1 SMP Negeri 1 South Wakorumba. Instrument data collection using interviews, observations, questionnaires and documentation. Data were analyzed with descriptive method qualitative and quantitative descriptive. The results showed: 1) learning module IPA-based guided inquiry on material pressure substance and its application in everyday life made has been tested and fit for use in learning science with a percentage score of subject matter experts 94% to the category of "Very decent", the percentage score by media experts 96% to the category of "very decent", and the percentage score of linguists 95% to the category of "very decent", 2) learning module IPA-based guided inquiry on material pressure substance and its application in everyday life get a very good response of students after use in the learning process with a percentage score of 94% votes. Keywords: Module, Guided Inquiry, Model Borg & Gall, Pressure substance and application in everyday life.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Modul, Inkuiri Terbimbing, Model Borg & Gall, Tekanan Zat, KIMIA
Uncontrolled Keywords: Modul, Inkuiri Terbimbing, Model Borg & Gall, Tekanan Zat, KIMIA
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan IPA
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Mar 2022 07:28
Last Modified: 15 Mar 2022 07:28
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3394

Actions (login required)

View Item View Item