PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MASA COVID-19 DI SDN 4 KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Hajje Nurjannah, Nim. 16010104003, H (2022) PENDAMPINGAN ORANG TUA TERHADAP BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI MASA COVID-19 DI SDN 4 KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (568kB)
[img] Text
2 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3 BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
6 BAB 5.pdf

Download (472kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Hajje Nurjannah, Nim. 16010104003. Judul: “Pendampingan Orang Tua Terhadap Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Di Masa Covid-19 Di SDN 4 Konda Kabupaten Konawe Selatan”. Dibimbing oleh: Dr. Hj. Hadi Machmud, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendampingan orang tua terhadap belajar anak usia sekolah dasar dimasa Covid-19 di SDN 4 Konda Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriktif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, 1 guru kelas dan 12 orang tua siswa (Bapak dan Ibu ) dan 6 anak. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dinarasikan dan disimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kondisi pembelajaran anak dimasa pamdemi covid-19 dilakukan dengan guru memberikan materi yang prioritas dengan kebutuhan siswa. Media yang digunakan guru dan anak dirumah adalah laptop dan Hp (Android). Dalam pelaksanaan pembelajaran siswa diharuskan mengecek materi dan tugas di Grup whatsapp kemudian dikerjakan lalu dikumpulkan setiap seminggu sekali. Proses penilaian guru terhadap pembelajaran anak dirumah dilihat dari keaktifan mereka dalam mengikuti pembelajaran setiap, pengumpulan tugas tepat waktu dan penilaian pada waktu Ulangan Tengah Semester (UTS) dan Ulangan Akhir Semester (UAS). 2) Bentuk pendampingan orang tua terhadap belajar anak dilakukan dengan mengarahkan anaknya untuk mengerjakan tugas, memotivasi anak untuk mengikuti pembelajaran setiap hari dan memberikan hadiah berupa doa, ucapan yang baik, perhatian dan kasih sayang. Hukuman juga diberikan berupa teguran lisan. 3) Hambatan yang dialami berasal dari faktor anak itu sendiri yaitu kurangnya keaktifan, minat dan motivasi dalam belajar secara daring sedangkan hambatan dari orang tua adalah minimnya fasilitas atau media pembelajaran seperti Handphone atau laptop, disamping itu kesibukan orang tua dalam bekerja dan melonjaknya kebutuhan internet selama pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DIDIKAN
Uncontrolled Keywords: DIDIKAN
Subjects: Manajemen
Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru MI/SD
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Apr 2022 06:43
Last Modified: 05 Apr 2022 06:43
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item