EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) RAUDHATUL JANNAH DESA AMBERI KECAMATAN LAMBUYA KABUPATEN KONAWE

Lisa Rasmadani, Nim. 16010101117, L (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) RAUDHATUL JANNAH DESA AMBERI KECAMATAN LAMBUYA KABUPATEN KONAWE. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (530kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Lisa Rasmadani, Nim. 16010101117. Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Raudhatul Jannah Desa Amberi Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe. Dibimbing Oleh: Rasmi S.Ag., M.SI Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Kerena penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, maka data yang diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengolahan dan analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman, proses analisis dilakukan dalam tiga tahapan analisis yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tekhnik triangulasi yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan teriangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode sorogan dalam pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Raudhatul Jannah Desa Amberi Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe sudah sesuai dengan teori dengan langkah-langkah pembelajaran metode sorogan pada umumnya, yaitu santri menghadap satu persatu kepada ustadzah/ guru pembimbing untuk meyetorkan bacaannya. Dan metode sorogan sangat efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Raudhatul Jannah Desa Amberi Kecamatan Lambuya Kabupaten Konawe hal ini dilihat dari hasil tes penilaian santri berdasarkan indikator yang telah dicapai. Kata Kunci : Efektivitas, Metode Sorogan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. ix هضخخلص البحذ لٍش سصوذاًً، سقن الطالب. 61060606661 .حأرٍش حطبٍق الوٌهج صشغاى فً سفغ اصخطاػت قشاءة القشآى بشوظت حؼلٍن القشآى (TPQ (سوظت الجٌت بقشٌت أهبٍشي هٌطقت فشػٍت لوبىٌا بوٌطقت كىًاوي .هششف : أصخارة سصوً. هي غشض هزا البحذ لكشف : 6 ).كٍفٍت حطبٍق هٌهج صشغاى فً حؼلٍن القشآى، 2 ).كٍف حأرٍش هٌهج صشغاى فً سفغ اصخطاػت قشاءة القشآى (TPQ (بشوظت حؼلٍن القشآى سوظت الجٌت بقشٌت أهبٍشي هٌطقت فشػٍت لوبىٌا بوٌطقت كىًاوي. ٌخبغ الباحذ الوٌهج الٌىػً الخحلٍل هي ًىع البحذ الوٍذاًً. ألى هزا البحذ ٌضخخذم الوٌهج الوٍذاًً فوصادس البٍاًاث الخً ٌضخخذهها الباحذ هً الوالحظت، الوقابلت، و الخىرٍق.هؼالجت وححلٍل البٍاًاث هخابؼت الوٌهج هٍالس )Miles )وهبشهاى )Huberman ،) حخلصج هؼالجت وححلٍل البٍاًاث فً رالد فخشاث وهً حخفٍط البٍاًاث،ػشض البٍاًاث،ححقٍق البٍاًاث.ٌٌجز الخحقٍق هي أصالت البٍاًاث هي الوٌهج الخزلٍزً ٌؼًٌ حزلٍلذ الوٌهج،حزلٍذ الوصذس،حزلٍذ الىقج. وقذ حىصل الباحذ إلى الٌخائج أى الوٌهج صشغاى فً حؼلٍن القشآى بشوظت حؼلٍن القشآى (TPQ (سوظت الجٌت بقشٌت أهبٍشي هٌطقت فشػٍت لوبىٌا هٌطقت كىًاوي قذ ًاصب بالوٌهج بخطىاث حؼلٍن هٌهج صشػاى هي حٍذ إجواال،ٌؼًٌ : لكل واحذ هي الخالهٍز ٌخقابل هغ هؼلوه أو هذسصه لخقذٌن قشائخه. وهٌهج صشاغاى ًافغ جذا فً سفغ اصخطاػت قشاءة قشآى الخالهٍز بشوظت حؼلٍن القشآى(TPQ (سوظت الجٌت بقشٌت أهبٍشي هٌطقت فشػٍت لوبىٌا هٌطقت كىًاوي،وهزا ظاهش هي اهخحاًهن وًخائحهن. كلوت هششذة : الخأرٍش، هٌهج صشغاى، اصخطاػت قشآءة القشآى

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Efektivitas, Metode Sorogan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Sorogan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan
Al-Qur'an
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 07 Apr 2022 06:52
Last Modified: 07 Apr 2022 06:52
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item