PENGARUH DETERMINAN TECHNOLOGHY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP PEMAKAIAN AKTUAL APLIKASI BSI MOBILE PADA NASABAH MILENIAL MUSLIM BANK SYARIAH INDONESIA CABANG KENDARI

Pinky Nur Indah Ramadhani Sudjadmiko, NIM : 18050102007., P (2022) PENGARUH DETERMINAN TECHNOLOGHY ACCEPTANCE MODEL TERHADAP PEMAKAIAN AKTUAL APLIKASI BSI MOBILE PADA NASABAH MILENIAL MUSLIM BANK SYARIAH INDONESIA CABANG KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pinky Nur Indah Ramadhani Sudjadmiko, NIM : 18050102007. Pengaruh Determinan Technologhy Acceptance Model Terhadap Pemakaian Aktual Aplikasi BSI Mobile Pada Nasabah Milenial Muslim Bank Syariah Indonesia Cabang Kendari. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kendari melalui pembimbing I Bapak Dr. Wahyudin Maguni, SE. M.Si. dan pembimbing II Bapak Alwahidin S. Si., M. Sc. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menguji Pengaruh Determinan Technologhy Acceptance Model Terhadap Pemakaian Aktual Aplikasi BSI Mobile Pada Nasabah Milenial Muslim Bank Syariah Indonesia Cabang Kendari. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer Kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena bertujuan untuk mengkonfirmasi data yang didapatkan di lapangan dengan teori yang ada. Sampel diperoleh sebanyak 96 responden nasabah milenial muslim Bank Syariah Indonesia Kantor Canbang Kendari yang memiliki fasilitas layanan digital berupa BSI Mobile dengan tekknik Purposive sampling. Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner, studi pustaka, dan dokumentasi. Data diolah menggunakan program SmartPLS 3.0. Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa Determinan Technologhy Acceptance Model (TAM) yaitu Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Sikap Pengaplikasian dan Perilaku Penggunaan seluruhnya berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Pemakaian Aktual pada Aplikasi BSI Mobile. Hal ini dibuktikan dengan masing-masing nilai path Coefisien > 0,05. Pertama untuk indikator Persepsi Kegunaan dengan nilai path Coeficien pada uji hipotesis adalah t statistic > t tabel (5,779 > 1,986) atau p value 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh terhadap sikap Pengaplikasian BSI Mobile. Kedua, untuk persepsi kemudahan dengan nilai path Coeficien pada uji hipotesis adalah t statistic > t tabel (2,805 > 1,986) atau p value 0,005 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh terhadap sikap Pengaplikasian BSI Mobile. Ketiga, untuk indikator sikap pengaplikasian dengan nilai path Coeficien pada uji hipotesis adalah t statistic > t tabel (16,022 > 1,986) atau p value 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa sikap berpengaruh terhdap perilaku penggunaan individu untuk menggunakan BSI mobile. Terakhir, untuk indikator perilaku penggunaan dengan nilai path Coeficien pada uji hipotesis adalah t statistic > t tabel (19,360 > 1,986) atau p value 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Perilaku Penggunaan (Behavioral Intention to Use) berpengaruh signifikan terhadap Pemakaian Aktual (Actual Use). Implikasi dari penelitian relevan ini bagi pihak manajemen bank dan analis mobile banking terutama pad BSI Mobile agar memperhatikan kembali faktor-faktor yang mempengaruhi pemakaian actual individu untuk menggunakan BSI Mobile dalam mengembangkan sistem informasinya. Kata Kunci : BSI Mobile, Technologhy Acceptance Model (TAM), Pemakaian Aktual. x ABSTRACT Pinky Nur Indah Ramadhani Sudjadmiko, NIM : 18050102007. The Influence of Technological Acceptance Model Determinants on the Actual Use of BSI Mobile Applications in Muslim Millennial Customers of Bank Syariah Indonesia Kendari Branch. Faculty of Islamic Economics and Business, Kendari State Islamic Institute through supervisor I Mr. Dr. Wahyudin Maguni, SE. M.Si. and supervisor II Mr. Alwahidin S. Si., M. Sc. This study aims to see and examine the effect of the Technological Acceptance Model Determinants on the Actual Use of the BSI Mobile Application on Muslim Millennial Customers of Bank Syariah Indonesia Kendari Branch. Sources of data used in this study is primary data Questionnaire. This study uses quantitative methods because it aims to confirm the data obtained in the field with existing theories. The sample was obtained as many as 96 respondents of Muslim millennial customers of Bank Syariah Indonesia Kendari Office Canbang which has digital service facilities in the form of BSI Mobile with purposive sampling technique. Meanwhile, the technique of data collection is done by using questionnaire, literature study, and documentation method. The data was processed using SmartPLS 3.0 programs. From the results of data processing, it shows that the Technological Acceptance Model (TAM) Determinants, namely Perception of Usefulness, Perception of Ease, Application Attitude and Usage Behavior, all have a significant effect on the Actual Usage variable on the BSI Mobile Application. This is evidenced by each path value Coefficient > 0.05. First, for the indicators of perceived usefulness, the path coefficient value in hypothesis testing is t statistic > t table (5.779 > 1.986) or p value 0.000 < 0.05, so it can be concluded that perceived usefulness affects attitudes towards BSI Mobile application. Second, for the perception of ease with the path coefficient value in the hypothesis test is t statistic > t table (2.805 > 1.986) or p value 0.005 < 0.05 so it can be concluded that the perception of ease affects the attitude of BSI Mobile application. Third, for the application attitude indicator with the path coefficient value in the hypothesis test is t statistic > t table (16.022 > 1.986) or p value 0.000 < 0.05 so it can be concluded that attitude has an effect on individual usage behavior to use mobile BSI. Lastly, for indicators of usage behavior with path coefficient values in hypothesis testing is t statistic > t table (19.360 > 1.986) or p value 0.000 < 0.05 so it can be concluded that Behavioral Intention to Use has a significant effect on actual usage ( actual use). The implications of this relevant research are for bank management and mobile banking analysts, especially at BSI Mobile, to pay attention to the factors that affect the actual use of individuals to use BSI Mobile in developing their information systems. Keywords: BSI Mobile, Technology Acceptance Model (TAM), Actual Usage

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: BSI Mobile, Technologhy Acceptance Model (TAM), Pemakaian Aktual
Uncontrolled Keywords: BSI Mobile, Technologhy Acceptance Model (TAM), Pemakaian Aktual
Subjects: Bank
Bank Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 12 Apr 2022 05:21
Last Modified: 12 Apr 2022 05:21
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item