STRATEGI BISNIS PENGUSAHA GURITA DI DESA SAMARENGGA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM

Eka Sarnawati Ndibo, NIM 14020103020, E (2022) STRATEGI BISNIS PENGUSAHA GURITA DI DESA SAMARENGGA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Eka Sarnawati Ndibo, NIM 14020103020.Strategi Bisnis Pengusaha Gurita Di Desa Samarengga Dalam Menghadapi Persaingan Perspektif Etika Bisnis Islam. Dibimbing oleh Dr Hj. Ummi Kalsumdan Abdul Wahid Mongkito Masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi bisnis pengusaha gurita di desa Samarengga dalam menghadapi persaingan (2) Bagaimana strategi bisnis pengusaha gurita di desa Samarengga dalam menghadapi persaingan perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Bagaimana strategi bisnis pengusaha gurita di desa Samarengga dalam menghadapi persaingan serta Untuk mengetahui Bagaimana strategi bisnis pengusaha gurita di desa Samarengga dalam menghadapi persaingan perspektif etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara yang dilakukan kepada delapan orang informan, dan dokumentasi dengan pengujian keabsahan data menggunakan teknik trigulasi teknik, trigulasi sumber, dan trigulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan pengusaha di desa Samarengga dalam menghadapi persaingan beda-beda antara pengusaha yang satu dengan pengusaha yang lain, ada yang menggunakan strategi dengan cara menaikkan harga gurita, ada juga pengusaha yang mengikuti jika si pengusaha satu menaikkan harga dan ukuran timbangan. Pengusaha yang ada di Desa Samarengga sebagian ada yang memahami tentang bagaimana persaingan menurut perspektif etika bisnis islam, sebagian juga ada yang tidak memahaminya. (2) Pengusaha yang memahami persaingan dalam perspektif islam mengatakan bahwa boleh saja mencari keuntungan sebanyak-banyaknya asal jangan sampai merugikan pihak lain seperti sesama pengusaha dan nelayan. Sedangkan pengusaha yang kurang memahami mengatakan bahwa Menurut beliau dalam berbisnis hanya berfikiran bagaimana mendapatkan keuntungan yang besar setiap kali menjual demi mencukupi kebutuhan keluarga setiap harinya. Kata kunci : Strategi, Bisnis, Perspektif, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bisnis, Perspektif, Etika Bisnis Islam
Subjects: Fiqhi
Ekonomi
Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Jul 2022 06:20
Last Modified: 15 Jul 2022 06:20
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item