ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA NEGERI 2 KENDARI

MAYANG SARI, NIM: 17010109026, M (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA KONSEP SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA NEGERI 2 KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (873kB)
[img] Text
2 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text
3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
4 BAB III METODOLIOGI PENELITIAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
5 BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
6 BAB V PENUTUP.pdf

Download (38kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK MAYANG SARI, NIM: 17010109026. Analisis Kemampuan Matematis Peserta Didik Pada Konsep Suhu Dan Kalor Kelas XI SMA Negeri 2 Kendari (Dibimbing oleh: La Ode Asmin S.Si.,M.Sc) Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Fisika di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. (2) Untuk mengetahui tingkat kemampuan peserta didik pada konsep Suhu dan Kalor di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan matematis peserta didik belajar peserta didik pada konsep Suhu dan Kalor di kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. Penelitian ini dilaksanakan melalui metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kendari. Data pelaksanaan pembelajaran Fisika diperoleh melalui lembar observasi dan wawancara guru dan peserta didik. Data kemampuan matematis diperoleh melalui hasil tes uraian peserta didik dan hasil wawancara. Sedangkan data faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan matematis peserta didik diperoleh melalui wawancara guru fisika. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pembelajaran Fisika di SMA Negeri 2 Kendari cukup baik, namun masih ada beberapa kekurangan yaitu pelaksanaan belum terlaksanannya aspek pelaksanaan pembelajaran dengan efisien baik dari guru maupun peserta didik. (2) Tingkat kemampuan matematis peserta didik pada konsep Suhu dan Kalor dibagi menjadi 3 kategori yaitu rendah, sedang, dan tinggi, sedangkan untuk aspek penilaian di bagi menjadi 4 yaitu memahami prosedur matematis, menerapkan Konsep, menganalisis kemampuan pemahaman matematis, dan menafsirkan hasil. (3) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan matematis peserta didik pada konsep Suhu dan Kalor yaitu; kurangnya pemahaman peserta didi pada saat pelaksaan pembelajaran, tidak memahami soal, kurang tahu mengenai simbol dan rumus, peserta lemah berhitung secara matematis dan bisa menafsirkan hasil yang telah mereka dapat. Dengan demikian, analisis kemampuan matematis peserta didik pada Konsep Suhu dan kalor Kela XI SMA Negeri 2 Kendari masih cukup rendah. Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Fisika, Kemampuan Matematis Peserta Didik, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Matematis, Konsep Suhu dan Kalor ABSTRACT MAYANG SARI, NIM: 17010109026. Analysis of Students' Mathematical Ability on the Concept of Temperature and Heat Class XI SMA Negeri 2 Kendari (Supervised by: La Ode Asmin S.Si., M.Sc) This study aims to (1) determine the implementation of physics learning in class XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. (2) To determine the level of ability of students on the concept of temperature and heat in class XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. (3) The factors that affect the mathematical abilities of students learn on the concept of temperature and heat in class XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. This research was conducted through a qualitative descriptive method carried out at SMA Negeri 2 Kendari. Physics learning implementation data were obtained through observation sheets and interviews with teachers and students. Data on mathematical abilities were obtained through student description tests and interviews. While the data on the factors that affect students' mathematical abilities were obtained through interviews with physics teachers. The results showed: (1) The implementation of Physics learning at SMA Negeri 2 Kendari is quite good, but there are still some shortcomings, namely the implementation of the implementation of learning aspects that have not been carried out efficiently both from teachers and students. (2) The level of mathematical ability of students on the concepts of temperature and heat is divided into 3 categories, namely low, medium, and high, while the assessment aspects are divided into 4, namely understanding mathematical procedures, applying concepts, analyzing understanding abilities mathematics, and interpret the results. (3) the factors that affect the mathematical abilities of students in the concepts of temperature and heat, namely; Lack of understanding of students at the time of implementing learning, not understanding questions, not knowing about symbols and formulas, participants are weak in calculating mathematically and can interpret the results they have gotten. Thus, the analysis of the mathematical ability of students on the concept of temperature and heat in Kela XI SMA Negeri 2 Kendari is still quite low. Keywords: Implementation of Learning Physics, Mathematical Ability of Students, Factors Affecting Mathematical Ability, Concept of Temperature and Heat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Suhu dan Kalor Kemampuan Matematis
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Fisika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 10 Aug 2022 01:48
Last Modified: 10 Aug 2022 01:48
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3711

Actions (login required)

View Item View Item