PENGARUH PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP SIKAP RELIGIUS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI

Mutmainnah Indah Sari, 19040202013,, M (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN TERHADAP SIKAP RELIGIUS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KENDARI. Masters thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (604kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (780kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (716kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (519kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (531kB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Mutmainnah Indah Sari, 19040202013, Pengaruh Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan terhadap Sikap Religius dan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing I: Dr. Abdul Kadir, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. Imelda Wahyuni, S.S. M.Pd.I Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan terhadap sikap religius dan hasil belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 124 mahasiswa dan sampel penelitian sebanyak 55 mahasiswa (random sampling). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial setelah memenuhi uji persyaratan; normalitas, linearitas dan autokorelasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji anova dan manova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap religius mahasiswa dengan kontribusi sebesar 15,5%. Artinya, Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan sikap religius mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari; 2) Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa dengan kontribusi sebesar 25,5%. Artinya, pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari; 3) Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap religius dan hasil belajar mahasiswa. Artinya, pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan sikap religius dan hasil belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kendari. ABSTRACT Mutmainnah Indah Sari, 19040202013, The Effect of Al-Islamic Learning and Kemuhammadiyahan on Religious Attitudes and Student Learning Outcomes of Muhammadiyah University of Kendari. Thesis of the Islamic Religious Education Study Program, Postgraduate of the Kendari State Islamic Institute, Advisor I: Dr. Abdul Kadir, M.Pd and Advisor II: Dr. Imelda Wahyuni, S.S. M.Pd.I The purpose of this study was to analyze the effect of learning Al Islam and Kemuhammadiyahan on religious attitudes and student learning outcomes of Muhammadiyah University of Kendari. This study uses a quantitative approach. The research population was 124 students and the research sample was 55 students (random sampling). Data analysis used descriptive and inferential analysis after fulfilling the test requirements; normality, linearity and autocorrelation. Hypothesis testing using ANOVA and MANOVA tests. The results showed that: 1) Learning Al Islam and Muhammadiyah had a positive and significant effect on students' religious attitudes with a contribution of 15.5%. That is, Al Islam and Kemuhammadiyahan Learning that is applied properly can improve the religious attitude of students at the Muhammadiyah University of Kendari; 2) Learning Al Islam and Kemuhammadiyahan have a positive and significant effect on student learning outcomes with a contribution of 25.5%. That is, learning Al Islam and Kemuhammadiyahan that is applied properly can improve student learning outcomes at the University of Muhammadiyah Kendari; 3) Learning Al Islam and Kemuhammadiyahan have a positive and significant effect on religious attitudes and student learning outcomes. That is, learning Al Islam and Kemuhammadiyahan that is applied properly can improve religious attitudes and student learning outcomes of Muhammadiyah University of Kendari. ثحبلاديرتج ٩١٠٢٠٤٠٤٠٩١ ، يراس هادن تاجرمخو ةينيلدا فقاولما لىع ةيدملمحاو ميلاس لا لمعتلا رث ا ةنئمطم أ ، يرادنك في ةيدملمحا ةعماج في بلاطلا لمعت ده يرادنك لةولد ميلاس لةاسرلا علما ، ةيملاس ايلع تاسارد لا ةينيلدا ةيبترلا ةسارد :لو ،فشرم ترسلمجا و ، رداقلا دبع . لا روتكلدا ةفشرم روتكلدا ة . ، نيويهاو الدييم :نياثلا لا نييلدا س.س . ترسلمجا ا ملاسلإا ملعت ريثأت ليلحت وه ةساردلا هذه نم ضرغلا ةيدملمحا و لمعت ئجاتنو ةينيلدا فقاولما لىع ثحبلا عتممج نكا .ايكم اجنه ةسارلدا هذه مدخت ست .يرادنك في ةيدملمحا ةعمالجا في بلاطلا ٩٤٢ ابلاط ثحبلا ةنيعو ٥٥ دعب جياتنت سالاو يفصولا ليلحتلا تناايبلا ليلتح مدخت سا .)ةيئاوشع ةنيع( ابلاط عيبطلا لةالحا ؛ رابتخالا تابلطتم ءافيتسا مادخت تارابتخا سبا تايضرفلا رابتخا .تيالذا طابترالاو ةيطلخاو ةي :ن فناا A و فانم . أ ئجاتنلا ترهظ ٩ تاهاتجا لىع يونعمو بيايج ا رث أ ةيدملمحاو ملاس لا لمعت ) ةب سنب ةينيلدا بلاطلا أ ن ةيدملمحاو ملاس لا لمعت ن ٪ ٩٥٥٥ أ نكيم حيصح كلشب هقيبطت تمي يلذا ؛ يرادنك في ةيدملمحا ةعمالجا في بلاطلل نييلدا فقولما نسيح أ ي أ . بيايج ٤ ا رث أ نايحدمحكملاو ملاس لا لمعت ) ةب سنب بلاطلا لمعت تاجرمخ لىع ماهو ةيدملمحاو و ملاس لا لمعت ن ٪ ٤٥٥٥ حيصح كلشب ينقبطلما في بلاطلا لمعت ئجاتن نسيح ن أ ي أ . بيايج ةيدملمحاو و ملاس لا لمعت ) .يرادنك ةيدملمحا ةعماج ١ ا يرث أ نكيم أت ماله و ملاس ةيدملمحا شب ينقبطلما أ ي لا لمعت ن نكيم حيصح كل يرادنك في ةيدملمحا ةعماج في بلاطلا لمعت ئجاتنو ةينيلدا فقاولما نسيح ن أ .بلاطلا لمعت ئجاتنو ةينيلدا فقاولما لىع ماهو . أ

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MUHAMMADIYAH, RELIGIUS
Subjects: Agama
Manajemen
Pendidikan Islam
Divisions: PASCASARJANA > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:01
Last Modified: 15 Aug 2022 07:01
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item