PRAKTIK ZIKIR DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-JANNAH KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN (STUDI LIVING QUR’AN)

Nurjannah. NIM 18030105016, N (2022) PRAKTIK ZIKIR DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-JANNAH KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN (STUDI LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nurjannah. NIM 18030105016. Praktik Zikir di Pondok Pesantren Tahfidz alJannah Konda Kabupaten Konawe Selatan (Studi Living Qur‟an). Dibimbing oleh: Nasri Akib S.Ag, M.Pd.I, Penelitian ini tentang Praktik Zikir di Pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda (Studi Living Qur‟an) yang bertujuan untuk bagaimana mengetahui teks dan deskripsi zikir di pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda, bagaimana mengetahui pemaknaan ayat-ayat yang dijadikan zikir dalam kitab-kitab tafsir, juga untuk mengetahui bagaimana dampak pemakain ayat-ayat al-Qur‟an yang dijadikan zikir oleh masyarakat Pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda. Penelitian ini menggunakan dua jenis penelitian di antaranya penelitian kualitatif atau kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Sumber utama dari penelitian ini yaitu ayat-ayat al-Qur‟an yang dibaca pada saat zikir yang terdapat di Pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Zikir yang diamalkan di pondok pesantren Tahfidz al-Jannah merupakan zikir yang bersambung sanadnya kepada K.H.Fakrur al-Razi yaitu guru dari pengasuh pondok pesantren Tahfidz al-Jannah Konda. Adapun isi dari zikir tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu pertama, ayat-ayat al-Qur‟an yang memiliki kandungan makna doa dan renungan untuk introfeksi diri. Kedua, bacaan-bacaan yang dibaca oleh Rasulullah Saw setelah melakukan Salat lima waktu dan ketiga,bacaan-bacaan yang memiliki manfaat terhadap pembacanya tetapi tidak dibaca Rasulullah Saw setelah salat. (2) Pemaknaan Ayat-ayat yang dijadikan zikir dalam kitab-kitab tafsir terbagi pada tiga klasifikasi yaitu pertama, sebagai peringatan akan siksa Allah Swt yang amat pedih bagi para pelaku maksiat kedua, mengingatkan untuk senantiasa berzikir dengan memohon ampun kepada Allah Swt atas segala dosa dan tidak ada yang dapat menerima taubat kecuali Allah Swt dan ketiga, berisi tentang harapan dan do‟a kepada Allah Swt agar tetap memperoleh hidayah dari-Nya. (3) Zikir bagi masyarakat Pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda selaku pengamal zikir memiliki dampak yang cukup beragam seperti ketenangan hati, rezeki yang dimudahkan, integritas yang lebih baik dan menjadi kebiasaan yang baik bagi pengamal yang serius dalam melafazkan zikir tersebut. Di sisi lain, terdapat pula beberapa santri yang tidak memperoleh manfaat zikir tersebut kecuali sedikit. Hal ini dialami oleh santri yang tidak cukup serius dalam menjalankan zikir tersebut. Dan menurut hasil observasi peneliti dampak secara psikologis juga ada yang terjadi pada sebagian pelaku zikir. Kunci: Zikir , Living Qur‟an, Pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda ABSTRACT Nurjannah. NIM 18030105016. Practice of Zikr at Tahfidz al-Jannah Islamic Boarding School Konda, South Konawe Regency (Study of Living Qur'an). Supervised by: Nasri Akib S.Ag, M.Pd.I, This research is about the practice of remembrance at the Tahfidz alJannah Konda Islamic boarding school (Study of the Living Qur'an) which aims to find out the text and description of remembrance at the Tahfidz al-Jannah Konda Islamic boarding school, how to find out the meaning of the verses used for remembrance in the books. the book of interpretation, also to find out how the impact of the use of the verses of the Qur'an which is made into remembrance by the people of the Tahfidz al-Jannah Konda Islamic Boarding School. This study uses two types of research, including qualitative research or literature (library research) and field research (field research). The main source of this research is the verses of the Qur'an which are read during remembrance at the Tahfidz alJannah Konda Islamic Boarding School. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques used are: data reduction, data presentation and conclusion drawing. Checking the validity of the data used is triangulation. The results of the study show that: (1) The remembrance that is practiced at the Tahfidz al-Jannah Islamic boarding school is a continuous remembrance of K.H. Fakrur al-Razi, the teacher of the Tahfidz al-Jannah Konda Islamic boarding school caretaker. The contents of the remembrance can be grouped into three parts, namely first, the verses of the Qur'an which constain the meaning of prayer and reflection for self-introspection. Second, readings that are read by the Messenger of Allah after performing the five daily prayers and third, readings that have benefits for the reader but are not read by the Prophet after the prayer. (2) The meaning of the verses used for remembrance in the commentary books are divided into three classifications, namely first, as a warning of Allah's punishment which is very painful for the perpetrators of immorality, second, reminding to always do dhikr by asking forgiveness from Allah SWT for all sins. and no one can accept repentance except Allah SWT and thirdly, it contains hopes and prayers to Allah SWT to continue to receive guidance from Him. (3) Zikr for the community of Tahfidz al-Jannah Konda Islamic Boarding School as the practitioner of remembrance has quite a variety of impacts, such as peace of mind, facilitated sustenance, better integrity and become good habits for serious practitioners in reciting the remembrance. On the other hand, there are also some students who do not benefit from the remembrance except a little. This is experienced by students who are not serious enough in carrying out the remembrance. And according to the researchers' observations, there is also a psychological impact that occurs on some of the remembrance practitioners. Key: Remembrance, Living Qur'an, Tahfidz al-Jannah Konda Islamic boarding school

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Living Qur‟an, Pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda
Uncontrolled Keywords: Living Qur‟an, Pondok Pesantren Tahfidz al-Jannah Konda
Subjects: Agama
Al-Qur'an
Al-Qur'an dan Ilmu Tafsir
Aqidah
Ahlak
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:08
Last Modified: 15 Aug 2022 07:08
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item