Wildan Haridharma Yasa, Nim:13010101188, W (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM KELAS UNGGULAN CERDAS INTELEKTUAL BERBASIS ISLAMI (CIBI) DALAM PENGEMBANGAN POTENSI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) UMMUSSHABRI KENDARI. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.
Text
1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (569kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Download (904kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Download (568kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Download (475kB) |
|
Text
7 DAFTAR PUSATAKA.pdf Download (477kB) |
|
Text
8 LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Wildan Haridharma Yasa, Nim:13010101188, Implementasi Program Kelas Unggulan Cerdas Intelektual Berbasis Islami (CIBI ) Di Madrasah Ibtidaiyah Ummusshabri (MI) Kendari. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) kendari melalui bimbingan DR.Supriyanto, MA Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program kelas unggulan cerdas intelektual berbasis islami (CIBI) dalam pengembangan potensi siswa dan untuk mengetahui program-program unggulan dalam mendesain susana belajar yang kondusif guna mendapatkan hasil belajar yang baik bagi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan cara mengorganisasikan sebuah data kedalam kategori, menjabarkan, memilih mana yang penting dalam membuat kesimpulan agar mempermudah diri sendiri maupun orang lain dalam memahami nya dan kemudian diolah dan dianalisis dengan menempuh langkah display, reduksi dan verivikasi data. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa program kelas unggulan cerdas intelektual berbasis islami (CIBI) ini mampu mengembangkan potensi siswa dan menghasilkan hasil belajar yang maksimal. Desain program kelas unggulan ini sangat menarik dengan adanya perpaduan integritas keilmuan dengan model pembelajaran Team teaching yaitu pengajaran secara beregu dengan menghadirkan tiga orang guru dalam kelas. Ditambah lagi dengan banyaknya program-program tambahan lainnya seperti full day, pembiasaan berbahasa asing, hapalan surah dan do`a pilihan, pembelajaran menyenangkan dengan ice breaking dan konten-konten ekstrakurikuler yang mampu meningkatkan potensi siswa pada semua aspek yang dimiliki siswa pada ranah pengetahuan/kognitif, sikap/afektif dan keterampilan/psikomotorik siswa. Dampak secara religious dilihat dari akhlak yang baik tercermin dalam prilaku dan sikap siswa dan juga terdapat banyak prestasi-presatsi yang diraih dalam pengetahuan serta kreativitas yang cukup tinggi pada anak usia dini dalam hal ini jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI )atau Sekolah Dasar (SD) yang jauh lebih unggul dari siswa pada kelas regular lainnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | PROGRAM KELAS CIBI |
Uncontrolled Keywords: | PROGRAM KELAS CIBI |
Subjects: | Manajemen Kinerja Guru Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Andi Nila Nurfadhilah |
Date Deposited: | 26 Aug 2022 07:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2022 07:15 |
URI: | http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3804 |
Actions (login required)
View Item |