PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Muh. Asrul Arifin. NIM 17010110024., M (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text
2 BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
3 BAB II.pdf

Download (595kB)
[img] Text
4 BAB III.pdf

Download (748kB)
[img] Text
5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text
6 BAB V.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8 LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muh. Asrul Arifin. NIM 17010110024. Pengaruh Media Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19. Dibimbing oleh: Dedyerianto S.Si., M.Si Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran daring terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan siswa dalam meningkatkan minat belajar matematika selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 di SMAN 1 Lasolo dan sampel yang terpilih yaitu sebanyak 52 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 25 butir pernyataan diperoleh skor total untuk pembelajaran daring yaitu sebesar 3419 dengan nilai rata-rata sebesar 65,75 sedangkan untuk skor total minat belajar matematika siswa didapatkan skor total sebesar 4592dengan rata-rata sebesar 88,37. Berdasarkan hasil perhitungan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai signifikan 0,00 < 0,005 dengan nilai Fhitung 7,032823 > dari nilai Ftabel 3,95 yang artinya bahwa media pembelajaran daring berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar matematika siswa. Hal ini dikarenakan media pembelajaran daring atau online tersebut yang tidak melibatkan kehadiran siswa secara fisik serta tidak terjadi suatu komunikasi antar guru dan siswa secara langsung atau tatap muka, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan pembelajaran daring dapat mempengaruhi minat belajar siswa selama melakukan pembelajaran dirumah. Kata kunci: Media pembelajaran daring; minat belajar matematika ABSTRACT Muh. Asrul Arifin. NIM 17010110024. The Influence Of Online Learning Media On Students Interest In Learning Mathematics During The Covid-19 Pandemic. Supervised by: Dedyerianto S.Si., M.Si This study aims to determine the effect of online learning media on students interest in learning during the covid-19 pandemic and to find out the efforts made by students in increasing interest in learning mathematics during the covid-19 pandemic. The method used in this research is a survey method with a quantitative approach. The data collection techniques used are questionnaires and interviews. The population in this study were all students of class XI IPA 1 and XI IPA 2 at SMAN 1 Lasolo and the selected sample was 52 students who were selected using a simple random sampling technique with the slovin formula. The result showed that from the 25 statement items, the total score for online learning was 3419 with an average value of 65,75 while for the total score of students interest in learning mathematics, the total score was 4592 with an average of 88,37. Based on the result of the calculation of the data analysis carried out, a significant value of 0,00 < 0,005 was obtained with an value of Fcount 7,032823 > from the value of Ftable 3,95 which means that online learning media has a significant effect on students interes in learning mathematics. This is because the online learning media does not involve the physical presense of students and there is no direct or face-to-face communication between teachers and students, so that this can cause online learning to affect students interest in learning during learning at home. Keywords: Online Learning Media, Interest in Learning mathematics

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Media pembelajaran daring; minat belajar matematika
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran daring; minat belajar matematika
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Matematika
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:05
Last Modified: 14 Sep 2022 06:05
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3841

Actions (login required)

View Item View Item