PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARMATERI VIRUS SISWA SMA NEGERI 4 KONAWE SELATAN

Epi Puspita Sari, 17010108063, E (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARMATERI VIRUS SISWA SMA NEGERI 4 KONAWE SELATAN. Skripsi thesis, IAIN KENDARI.

[img] Text
skripsi Epi puspita sari (1).pdf

Download (874kB)
[img] Text
SKRIPSI EPI puspita sari (2).pdf

Download (551kB)
[img] Text
SKRIPSI EPI puspita sari (3).pdf

Download (355kB)
[img] Text
SKRIPSI EPI puspita sari (4).pdf

Download (571kB)
[img] Text
SKRIPSI EPI puspita sari (5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
SKRIPSI EPI puspita sari (6).pdf

Download (153kB)
[img] Text
SKRIPSI EPI puspita sari (7).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Epi Puspita Sari, 17010108063,Pengaruh Pembelajaran Daring dimasa Pandemi Covid 19 Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe Selatan, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Pembimbing: Dr.Masdin M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Minat Belajar, hasil Belajar Materi Virus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring pada hasil belajar materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe selatan, Minat belajar siswa pada hasil belajar materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe Selatan dan pengaruh pembelajaran daring dan minat belajar terhadap hasil belajar materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe Selatan. Penelitian ini menggunaakann jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMANegeri 4 Konawe Selatan dengan jumlah sampel sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh pembelajaran daring pada hasil belajar materi Virus di SMA Negeri 4 konawe Selatan diperoleh thitung sebesar 4.061 > nilai ttabel (1,6723) dan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Dengan kontribusi pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe Selatan sebesar 22,7%.; 2) PengaruhMinat belajar siswa pada hasil belajar materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe Selatan diperoleh nilai thitung sebesar 6.253 > nilai ttabel (1,6723) dan nilai signifikan diperoleh sebesar 0,000 < 0,05. Dengan kontribusi pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe Selatan sebesar 41,1%.; 3) Pengaruh pembelajaran daring dan minat belajarterhadap hasil belajar materi Virusdi SMA Negeri 4 Konawe Selatan diperoleh nlai Fhitung sebesar 22,00, selanjutnya dikonsultasikan dengan Ftabel pada db = 2/58 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel sebesar 3,16, sehingga Fhitung> Ftabel yaitu 22,00 > 3,16. Dengan kontribusi pembelajaran daring dan minat belajar terhadap hasil belajar pada materi Virus di SMA Negeri 4 Konawe Selatan sebesar 58,8%. Kata Kunci:Pembelajaran Daring, Minat Belajar, Hasil Belajar Materi Virus ABSTRAK Epi Puspita Sari, 17010108063, Influence of Online Learning during the Covid 19 Pandemic and Learning Interest on Learning Outcomes of Virus Material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan, Biology Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Kendari State Islamic Institute, Supervisor: Dr. Masdin M.Pd. Keywords: Online Learning, Interest In Learning, Learning outcomes For Virus material. This study aims to determine the effect of online learning on the learning outcomes of Virus material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan, students' learning interest in learning outcomes of Virus material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan and the influence of online learning and interest in learning on learning outcomes of Virus material at SMA Negeri 4 South Konawe. This research uses quantitative descriptive research. The research location is SMA Negeri 4 Konawe Selatan with a total sample of 58 students. The data collection techniques used were documentation and questionnaires, while the data analysis techniques used descriptive analysis techniques and inferential analysis. The results showed that: 1) The effect of online learning on the learning outcomes of Virus material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan obtained tcount of 4,061 > ttable value (1,6723) and a significant value was obtained of 0.000 <0.05. With the contribution of online learning to learning outcomes on Virus material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan by 22.7%; 2) The effect of students' interest in learning on virus learning outcomes at SMA Negeri 4 Konawe Selatan obtained a tcount value of 6.253 > ttable value (1.6723) and a significant value was obtained at 0.000 <0.05. With the contribution of online learning to learning outcomes on Virus material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan by 41.1%; 3) The influence of online learning and interest in learning on the learning outcomes of Virus material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan obtained an Fcount of 22.00, then consulted with Ftable at db = 2/58 with a significance level of 5% obtained Ftable of 3.16, so Fcount > Ftable that is 22.00 > 3.16. With the contribution of online learning and interest in learning to learning outcomes on Virus material at SMA Negeri 4 Konawe Selatan by 58.8%. Keywords: Online Learning, Interest in Learning, Learning Outcomes For Virus Material

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID 19 DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJARMATERI VIRUS SISWA SMA NEGERI 4 KONAWE SELATAN
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris/Pendidikan Biologi
Depositing User: Andi Nila Nurfadhilah
Date Deposited: 05 Oct 2022 03:36
Last Modified: 05 Oct 2022 03:36
URI: http://digilib.iainkendari.ac.id/id/eprint/3896

Actions (login required)

View Item View Item